Studi Kasus Penerapan Model Konseling Trait and Factor untuk Membantu Pemilihan Jurusan Peserta Didik Kelas X MAN Demak Tahun Pelajaran 2011/2012

Dewi, Trisna Kusuma (2012) Studi Kasus Penerapan Model Konseling Trait and Factor untuk Membantu Pemilihan Jurusan Peserta Didik Kelas X MAN Demak Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (321Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (127Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (210Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (166Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (362Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (144Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (79Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (95Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1617Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Pemilihan jurusan merupakan suatu cara untuk menentukan atau memilih program studi dengan menggunakan prosedur yang sistematis sehingga pilihannya dapat dipertanggungjawabkannya. Dengan menentukan pilihan jurusan yang tepat, maka akan membantu peserta didik tersebut dalam menyiapkan diri untuk tujuan pemilihan jurusan menuju jenjang karir yang diinginkan. Sebaliknya jika peserta didik tersebut kurang tepat dalam memilih jurusan atau dengan kata lain yaitu salah memilih jurusan, maka akan menghambat proses pencapian karir yang dicita-citakan sebelumnya. Sehingga siswa tersebut perlu diberikan bantuan agar mereka dapat membuat rencana dan mengambil keputusan secara bijaksana dan dapat mengenali potensi yang ada pada dirinya. Agar tidak salah dalam pemilihan jurusan tersebut, maka untuk membantu memecahkan masalah ini diperlukan bantuan yaitu dengan menggunakan pendekatan model konseling trait and faktor. Model konseling trait and factor ini adalah suatu pendekatan konseling yang digunakan dalam konseling individual yang dapat digunakan untuk membantu mengentaskan permasalahan peserta didik tersebut yaitu kurang pasti dalam mengambil keputusan, konflik diri dalam menentukan pilihan dan kecemasan dalam menentukan pilihan. Peserta didik yang demikian diasumsikan mengalami masalah pemilihan jurusan. Rumusan permasalahan : Bagaimana Penerapan Model Konseling Trait and Factor untuk Membantu Pemilihan Jurusan Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Demak Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri Demak Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012 mampu memilih jurusan dengan tepat sesuai dengan bakat, minat, dan prestasi belajar yang diraihnya. Manfaat teoritis penelitian ini adalah : Dapat melengkapi referensi yang ada ‎sehingga ‎memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan di ‎sekolah khususnya dalam ‎bidang bimbingan dan konseling. Dan manfaat praktisnya : 1. Bagi Konselor : Dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerjanya terhadap layanan bimbingan dan konseling, dan dapat digunakan sebagai pedoman, khususnya tentang penerapan model konseling trait and factor untuk membantu peserta didik dalam pemilihan jurusan program studi. 2. Bagi Peneliti : Dapat digunakan sebagai kerangka acuan bagi penelitian selanjutnya dan sarana untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan. 3. Bagi Kepala Sekolah : Dapat digunakan untuk menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan serta dalam memperhatikan setiap perkembangan peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu studi kasus. Pendekatan penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yaitu 1. Wawacara 2. Observasi 3. Dokumentasi. Subjek penelitian yaitu tiga peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri Demak Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012 yang diasumsikan mengalami masalah pemilihan jurusan. Analisis data dilakukan secara sistematis, melalui proses pengumpulan data, mengklarifikasi, mendiskripsikan dan menginterprestasikan. Hasil penelitian : 1. Konseli merasa kurang pasti dalam mengambil keputusan pilihan jurusan (lack of assurance) karena dipengaruhi faktor internal yaitu kurang memahami kemampuan sendiri, ragu-ragu mengambil keputusan, enggan memperhatikan pelajaran eksak, sedangkan faktor eksternal yaitu kebebasan yang diberikan orang tua dalam mengambil keputusan mengenai penjurusan. 2. Konseli bingung memilih jurusan (self conflict) karena dipengaruhi faktor internal yaitu kurang memahami kemampuan sendiri, ragu-ragu mengambil keputusan, konflik diri. Sedangkan faktor eksternal yaitu keinginan orang tua yang tidak melihat kondisi anak. 3. Konseli mengalami kecemasan membuat pilihan (choice anxiety) karena dipeengaruhi faktor internal yaitu menganggap pelajaran IPA sulit, ragu-ragu mengambil pilihan. Sedangkan faktor eksternal yaitu orang tua meminta masuk IPA. Upaya untuk membantu konseli yang kurang pasti dalam mengambil keputusan pilihan jurusan, bingung (konflik diri) dalam memilih jurusan, serta mengalami kecemasan membuat pilihan yaitu dengan memberikan layanan konseling individual dengan menerapkan model konseling trait and factor, sehingga konseli mampu membuat putusan yang tepat. Berdasarkan hasil kesimpulan di atas, penulis menyampaikan saran kepada: 1. Kepala sekolah : Agar selalu memberikan dukungan dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan penjurusan peserta didik di sekolah yang dipimpinnya. 2. Guru pembimbing : Supaya selalu memperhatikan perkembangan peserta didik khususnya mereka yang mengalami permasalahan-permasalahan seperti halnya masalah pemilihan jurusan. 3. Guru bidang studi : Supaya membantu peserta didik mengenali dan mengembangkan kemampuannya dalam bidang akademik maupun non akademik. 4. Orang tua : Hendaknya selalu memberikan dukungan terhadap putusan pilihan jurusan yang dipilih anaknya dengan cara memberikan motivasi dan fasilitas belajar yang dibutuhkan. 5. Peserta didik : Hendaknya selalu punya kepastian, tidak bingung sendiri, dan tidak cemas dalam mengambil keputusan seperti halnya keputusan memilih jurusan di Madrasah Aliyah Negeri Demak ini berdasarkan pertimbangan bakat, minat, dan kemampuan dimilikinya agar mampu mencapai tujuan hidup.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing I = Dr. Murtono, M.Pd Pembimbing II = Drs. Sunardi
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah menengah atas (SMA)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
                    Tanggal Deposit: 12 Sep 2013 08:15
                    Last Modified: 12 Sep 2013 08:15
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1002

                    Actions (login required)

                    View Item