Meningkatkan Ketuntasan Membaca Melalui Layanan Penguasaan Konten Anak Kelas B2 TK Aisyiayah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012

Fitriana, Puji (2012) Meningkatkan Ketuntasan Membaca Melalui Layanan Penguasaan Konten Anak Kelas B2 TK Aisyiayah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (340Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (109Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (173Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (308Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (155Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (156Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (64Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Dafatr Pustaka) - Accepted Version
                Download (53Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1651Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Taman kanak-kanak merupakan jenjang pendidikan non formal setelah play group sebelum anak masuk sekolah dasar. Usia dini/ prasekolah merupakan kesempatan emas bagi anak untuk belajar, sehingga disebut usia emas (golden age). Oleh karena itu, kesempatan ini penting untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk proses belajar anak yaitu memperkenalkan anak pada kegiatan membaca. Alasan peneliti memberikan layanan ini adalah agar anak dapat mempersiapkan membaca yang baik dan lancar menuju jenjang SD kelas 1. Latar belakang inilah yang mendorong untuk diadakannya penelitian ini yang berjudul Meningkatkan Ketuntasan Membaca Melalui Layanan Penguasaan Konten anak kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana upaya meningkatkan ketuntasan membaca anak B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX dengan layanan penguasaan konten?.Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatan ketuntasan membaca anak dengan layanan penguasaan konten kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus.Manfaat dari penelitian ini yaitu secara teoristis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap teori layanan penguasaan konten dalam meningkatkan ketuntasan membaca anak. Dan manfaat praktis penelitian ini dapat berguna bagi 1. Guru: Guru dapat menerapkan layanan penguasaan konten, guru dapat berkembang secara professional, karena dapat menunjukkan adanya kemampuan dalam menilai dan memperbaiki pembelajaran dalam kegiatan membaca, memberikan alternatif pemecahan masalah dalam kegiatan membaca dengan layanan penguasaan konten. 2. Bagi Siswa: dapat meningkatkan prestasi belajar anak, dan ketertarikan anak pada belajar membaca sehingga tidak membosankan dalam menerima materi pelajaran membaca. 3. Bagi sekolah: Membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi sekolah, memajukan lembaga sekolah, meningkatkan nama baik sekolah. Hipotesis tindakan yaitu “Bahwa Layanan Penguasaan Konten dapat meningkatkan ketuntasan membaca siswa kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus tahun pelajaran 2011/2012”. Setting skripsi ini dikelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX yang beralamatan di Jati Kulon Gang V di Desa Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus. Jumlah siswa keseluruhan yaitu 32 anak, dengan perincian laki-laki berjumlah 18 anak, sedangkan perempuan berjumlah 14 anak. Variabel bebasnya adalah Layanan Penguasaan Konten anak kelas B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Variabel terikatnya adalah Ketuntasan Membaca. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini ini meliputi: (1) hasil pengamatan kualitas pembelajaran Layanan Penguasaan Konten indikator High Touch dan High Tech sebagai berikut: Aspek kualitas dalam layanan penguasaan konten High Touch diperoleh siklus I= 48%, siklus II= 69%. Aspek kualitas dalam layanan penguasaan konten High Tech diperoleh siklus I= 53%, siklus II= 75%. (2) hasil pengamatan aktivitas siswa anak B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kudus mulai dari sikuls I dan II mengalami kenaikan sebagai berikut: siklus I= 48%, siklus II= 80%. Saran yang dapat penulis sampaikan 1) kepada kepala sekolah yaitu Menerapan layanan penguasaan konten perlu diberdayakan di sekolah karena dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam belajar membaca anak B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX Jati Kulon Kecamatan Jati Kudus Tahun Pelajaran 2011/ 2012, 2) guru yaitu guru hendaknya menerapkan layanan penguasaan konten dengan cara memberikan metode pembelajaran yang variatif agar siswa tidak bosan dengan pembelajaran yang diberikan, 3) untuk siswa yaitu diharapkan siswa memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran terutama pembelajaran membaca, karena individu yang mempunyai minat membaca yang kuat akan diwujudkannya dalam kesediaannya untuk mendapatkan bahan bacaan dan kemudian membacanya atas kesadarannya sendiri, 4) konselor yaitu Konselor diharapkan bisa memakai layanan penguasaan konten sebagai salah satu program BK disekolah sehingga dapat mengatasi kendala-kendala yang ada dalam pembelajaran.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing I = Dr. Sukiman, M.Pd Pembimbing II = Drs Sucipto, M.Pd. Kons
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan anak usia dini
                    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Membaca (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
                    Tanggal Deposit: 11 Sep 2013 14:02
                    Last Modified: 11 Sep 2013 14:02
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1006

                    Actions (login required)

                    View Item