Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dengan Menggunakan Metode Komunikasi Total Berbasis Bimbingan bagi Siswa Tuna Rungu Kelas II SDLB Sukoharjo Pati Tahun 2012

Asiyah, Siti (2012) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dengan Menggunakan Metode Komunikasi Total Berbasis Bimbingan bagi Siswa Tuna Rungu Kelas II SDLB Sukoharjo Pati Tahun 2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (20Mb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (28Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (102Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (4Mb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (9Mb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (25Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (14Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (21Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran ) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (61Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitianinidilatarbelakangikarenasiswa tuna rungudarisegikebahasaannyanampakmiskindalamkosa kata, sulitmengartikanataumemahamiungkapanbahasa yang mengandungartikiasan, sulitmengartikanataumemahami kata-kata abstrak, kurangmenguasaiiramadangayabahasa, danmotivasibelajarrendah. Permasalahan yang diteliti: Apakahmelaluikomunikasi total berbasisbimbingandapatmeningkatkankemampuankomunikasipadasiswatunarungukelas II SDLB SukoharjoPati?.Tujuandalampenelitianiniadalah: diperolehnyakeaktifansiswadalammengikutilayananbimbinganklasikaldanpeningkatankemampuankomunikasipadasiswatunarungukelas II SDLB SukoharjoPatisetelahmelaluipenerapankomunikasi total berbasisbimbingan. Adapunkegunaanpenelitianadalah: 1. Kegunaanteoretis: Penelitianinidiharapkandapatmemberikankontribusikeilmuansertareferensitambahandalamkajianbimbingandankonseling. 2. KegunaanPraktis; a. Memberimasukankepadakepalasekolahdalamusahaperbaikan proses pembelajaran, penambahansaranadanprasaranaberupabuku-bukureferensi, media pembelajaran,danteknikpembelajaranyang tepatsehingga proses pembelajaran di sekolahlebihbaik, b. Penelitianinidiharapkandapatdijadikanmasukanbagi guru sebagaiusahakomunikasiterapeutikpadaanaktunarungu di SDLB SukoharjoPatimelaluikomunikasi total, dan c. Melaluikomunikasi total berbasisbimbinganmemungkinkansiswamelakukanaktivitasberkomunikasidenganbaik. Subjekpenelitianadalah8siswa.Variabelpenelitianmeliputivariabel X (penerapankomunikasi totalberbasisbimbingan) danVariabel Y (kemampuanberkomunikasisiswa).Metodepengumpulan data menggunakantes,observasi, dandokumentasi.Indikatorkinerja: 1. Indikator proses yaitu:a. Proses pembelajarandikatakanberhasil, apabilapengamatankinerjakonselorpadaaspek-aspekhigh touch danhigh tech, skor yang diperolehmencapaiprosentase 75% ataudalamkategoribaik. b. Proses pembelajarandikatakanberhasil, apabilapengamatankeaktifansiswapadaaspek-aspekkeaktifandalam proses pembelajaran, kreatifitasdalammenulisnama-namabenda di dalamkelas, menjawabpertanyaan, konsentrasi/perhatianskor yang diperolehmencapaiprosentase 75% ataudalamkategoribaik. 2. Indikatorhasilyaitu: Penguasaankomunikasi verbal dannon verbaldalambentukkemampuanmembacadanmenulispermulaanmatapelajaranBahasa Indonesia telahmencapai 75% darijumlahsiswamendapatnilai 60keatas. Sedangkananalisis data secaradeskriptifkomparatif yang dilanjutkanrefleksipadatiap-tiapsiklus. Hasilanalisispengamatansiklus I: Hasilpengamatan : 1. Keaktifansiswapadasiklus I dalamkategorirendahdenganskor rata-rata 50,6. 2. Pembelajarandenganteknikkomunikasi total berbasisbimbingannilai rata-rata kelas 51,3denganketuntasanbelajardiperoleh 3 siswa (37,5%). Refleksi; penerapanpendekatanhigh touchdanhigh techsudahberhasil, keaktifansiswadalammengikuti KBM dalamkategoribaikdanketuntasanbelajarsudahtercapaimakaperludilakukantindakanpadasiklus II.Hasilpengamatansiklus II: 1. Keaktifansiswapadasiklus II dalamkategoribaikdenganskor rata-rata 70. 2. Pembelajarandenganteknikkomunikasi total berbasisbimbingannilai rata-rata kelas 70 denganketuntasanbelajardiperoleh 7 siswa (87,5%). Refleksi; penerapanpendekatanhigh touchdanhigh techsudahberhasil, keaktifansiswadalammengikuti KBM masihrendahdanketuntasanbelajarbelumtercapaimakatindakanpadasiklus II dipandangcukup. Simpulan,1.Keaktifansiswapadasiklus I selamamengikutibimbingandalamkategorirendahdenganskor rata-rata 50,6sedangkanpadasiklus II meningkatmenjadikategoribaikdenganskor rata-rata 70, adapeningkatan 19,4 point. 2. Melaluikomunikasi totalberbasisbimbingankemampuanberkomunikasisiswamengalamipeningkatan. Padakondisiawalnilai rata-rata 43,8 denganketuntasan 1 siswa (12%), siklus Inilai rata-rata 51,3 denganketuntasan3 siswa (37,5%), padasiklus II nilai rata-rata 70 denganketuntasan 7 siswa (87,5%) jadipeningkatandarikondisiawalsampaidengansiklus II sebesar (75,5%).Saran-saranppenulissampaikankepada: 1. KepalaSekolahmemotivasi guru untukmelakukaninovasidalampembelajarandenganmelakukanPenelitianTindakanBimbingandanKonseling (PTBK) denganmenerapkankomunikasi total. 2. Guru untukmeningkatkankemampuanberkomunikasiperluadanyakomunikasi total denganmemadukanbentuk-bentukkomunikasisepertibahasatulis, lisan, danbahasaisyarat, danperlunyapendekatanhigh touchdanhigh techdalamkegiatanbelajarmengajar, supayasiswamerasanyamandanrilekssehinggadapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa, 3. Siswadalamkegiatanbelajarmengajarsiswasalingmembantu, kasihsayangdenganteman, berdiskusidanmenghargaiadanyaperbedaanpendapat. 4. Orang tuamembimbingdanmemotivasiputra-putrinyadalambelajarmenulisdanmembaca di rumah.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing I = Drs.H. Sucipto, M.pd.Kons
                    Subjects: Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Komunikasi. media massa
                    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
                    Tanggal Deposit: 11 Sep 2013 13:56
                    Last Modified: 11 Sep 2013 13:56
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1008

                    Actions (login required)

                    View Item