Asiyah, Siti (2012) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dengan Menggunakan Metode Komunikasi Total Berbasis Bimbingan bagi Siswa Tuna Rungu Kelas II SDLB Sukoharjo Pati Tahun 2012. Update Test thesis, Universitas Muria kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (21MB) |
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (14kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (21kB) |
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (64MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitianinidilatarbelakangikarenasiswa tuna rungudarisegikebahasaannyanampakmiskindalamkosa kata, sulitmengartikanataumemahamiungkapanbahasa yang mengandungartikiasan, sulitmengartikanataumemahami kata-kata abstrak, kurangmenguasaiiramadangayabahasa, danmotivasibelajarrendah. Permasalahan yang diteliti: Apakahmelaluikomunikasi total berbasisbimbingandapatmeningkatkankemampuankomunikasipadasiswatunarungukelas II SDLB SukoharjoPati?.Tujuandalampenelitianiniadalah: diperolehnyakeaktifansiswadalammengikutilayananbimbinganklasikaldanpeningkatankemampuankomunikasipadasiswatunarungukelas II SDLB SukoharjoPatisetelahmelaluipenerapankomunikasi total berbasisbimbingan. Adapunkegunaanpenelitianadalah: 1. Kegunaanteoretis: Penelitianinidiharapkandapatmemberikankontribusikeilmuansertareferensitambahandalamkajianbimbingandankonseling. 2. KegunaanPraktis; a. Memberimasukankepadakepalasekolahdalamusahaperbaikan proses pembelajaran, penambahansaranadanprasaranaberupabuku-bukureferensi, media pembelajaran,danteknikpembelajaranyang tepatsehingga proses pembelajaran di sekolahlebihbaik, b. Penelitianinidiharapkandapatdijadikanmasukanbagi guru sebagaiusahakomunikasiterapeutikpadaanaktunarungu di SDLB SukoharjoPatimelaluikomunikasi total, dan c. Melaluikomunikasi total berbasisbimbinganmemungkinkansiswamelakukanaktivitasberkomunikasidenganbaik. Subjekpenelitianadalah8siswa.Variabelpenelitianmeliputivariabel X (penerapankomunikasi totalberbasisbimbingan) danVariabel Y (kemampuanberkomunikasisiswa).Metodepengumpulan data menggunakantes,observasi, dandokumentasi.Indikatorkinerja: 1. Indikator proses yaitu:a. Proses pembelajarandikatakanberhasil, apabilapengamatankinerjakonselorpadaaspek-aspekhigh touch danhigh tech, skor yang diperolehmencapaiprosentase 75% ataudalamkategoribaik. b. Proses pembelajarandikatakanberhasil, apabilapengamatankeaktifansiswapadaaspek-aspekkeaktifandalam proses pembelajaran, kreatifitasdalammenulisnama-namabenda di dalamkelas, menjawabpertanyaan, konsentrasi/perhatianskor yang diperolehmencapaiprosentase 75% ataudalamkategoribaik. 2. Indikatorhasilyaitu: Penguasaankomunikasi verbal dannon verbaldalambentukkemampuanmembacadanmenulispermulaanmatapelajaranBahasa Indonesia telahmencapai 75% darijumlahsiswamendapatnilai 60keatas. Sedangkananalisis data secaradeskriptifkomparatif yang dilanjutkanrefleksipadatiap-tiapsiklus. Hasilanalisispengamatansiklus I: Hasilpengamatan : 1. Keaktifansiswapadasiklus I dalamkategorirendahdenganskor rata-rata 50,6. 2. Pembelajarandenganteknikkomunikasi total berbasisbimbingannilai rata-rata kelas 51,3denganketuntasanbelajardiperoleh 3 siswa (37,5%). Refleksi; penerapanpendekatanhigh touchdanhigh techsudahberhasil, keaktifansiswadalammengikuti KBM dalamkategoribaikdanketuntasanbelajarsudahtercapaimakaperludilakukantindakanpadasiklus II.Hasilpengamatansiklus II: 1. Keaktifansiswapadasiklus II dalamkategoribaikdenganskor rata-rata 70. 2. Pembelajarandenganteknikkomunikasi total berbasisbimbingannilai rata-rata kelas 70 denganketuntasanbelajardiperoleh 7 siswa (87,5%). Refleksi; penerapanpendekatanhigh touchdanhigh techsudahberhasil, keaktifansiswadalammengikuti KBM masihrendahdanketuntasanbelajarbelumtercapaimakatindakanpadasiklus II dipandangcukup. Simpulan,1.Keaktifansiswapadasiklus I selamamengikutibimbingandalamkategorirendahdenganskor rata-rata 50,6sedangkanpadasiklus II meningkatmenjadikategoribaikdenganskor rata-rata 70, adapeningkatan 19,4 point. 2. Melaluikomunikasi totalberbasisbimbingankemampuanberkomunikasisiswamengalamipeningkatan. Padakondisiawalnilai rata-rata 43,8 denganketuntasan 1 siswa (12%), siklus Inilai rata-rata 51,3 denganketuntasan3 siswa (37,5%), padasiklus II nilai rata-rata 70 denganketuntasan 7 siswa (87,5%) jadipeningkatandarikondisiawalsampaidengansiklus II sebesar (75,5%).Saran-saranppenulissampaikankepada: 1. KepalaSekolahmemotivasi guru untukmelakukaninovasidalampembelajarandenganmelakukanPenelitianTindakanBimbingandanKonseling (PTBK) denganmenerapkankomunikasi total. 2. Guru untukmeningkatkankemampuanberkomunikasiperluadanyakomunikasi total denganmemadukanbentuk-bentukkomunikasisepertibahasatulis, lisan, danbahasaisyarat, danperlunyapendekatanhigh touchdanhigh techdalamkegiatanbelajarmengajar, supayasiswamerasanyamandanrilekssehinggadapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa, 3. Siswadalamkegiatanbelajarmengajarsiswasalingmembantu, kasihsayangdenganteman, berdiskusidanmenghargaiadanyaperbedaanpendapat. 4. Orang tuamembimbingdanmemotivasiputra-putrinyadalambelajarmenulisdanmembaca di rumah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing I = Drs.H. Sucipto, M.pd.Kons |
Subjects: | Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Komunikasi. media massa Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Users 2136 not found. |
Date Deposited: | 11 Sep 2013 06:56 |
Last Modified: | 11 Sep 2013 06:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1008 |
Actions (login required)
View Item |