Model Pendidikan dan Pembentukan Karakter Pemuda Indonesia Melalui Gerakan Pramuka*

Romadlon, Farid Noor and Ismaya, Erik Aditia (2015) Model Pendidikan dan Pembentukan Karakter Pemuda Indonesia Melalui Gerakan Pramuka*. ICESS.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (JPEG) (cover)
cover page.jpg - Accepted Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Image (JPEG) (Hal Depan)
first page.jpg - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
Full Paper ICESS UNNES 2015-pdf.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview

Abstrak

Di era globalisasi abad ke 21, kaum muda Indonesia sedang dihinggapi krisis karakter yang sangat memprihatinkan. Sudah seharusnya negara tergerak untuk melakukan pencegahan dan penanganan serius, karena jika dibiarkan begitu saja, dipastikan nasib masyarakat dan bangsa Indonesia di masa depan akan suram sebagai akibat dari hancurnya karakter pemuda Indonesia. Salah satu upaya negara dalam membendung dan menangani krisis karakter pada pemuda Indonesia adalah dengan mengarahkan para pemuda supaya aktif dalam kegiatan kepramukaan. Kepramukaan pada hakekatnya adalah suatu proses pendidikan yang menyenangkan bagi pemuda, dibawah tanggung jawab dan pengawasan anggota dewasa, yang dilaksanakan di luar lingkungan pendidikan sekolah dan keluarga, dengan prinsip dasar, metode pendidikan dan tujuan membentuk karakter pemuda Indonesia supaya menjadi baik. Ambalan sebagai satuan Gerakan Pramuka tingkat penegak, mempunyai tugas dan tanggungjawab dalam upaya membantu mendidik dan membentuk karakter pemuda Indonesia dengan caranya sendiri. Upaya pendidikan dan pembentukan karakter pemuda Indonesia pada setiap Ambalan tentunya berpedoman pada Syarat Kecakapan Umum, serta adat ambalan yang menjadi ciri khas dan pembeda tiap-tiap ambalan. Makalah ini merupakan hasil penelitian Hibah Penelitian Dosen Pemula yang didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tahun 2015 yang mengungkap model-model pendidikan dan pembentukan karakter pemuda Indonesia pada tiga dari tujuh ambalan yang diteliti, yaitu: SMA 1 Kudus, SMK 1 Kudus, MAN 2 Kudus. Secara khusus disampaikan: model pendidikan dan pelatihan Pramuka Penegak Bantara di setiap pangkalan yang diteliti; Karakteristik proses pendidikan dan pelatihan dalam membentuk karakter Pramuka Penegak Bantara di setiap pangkalan; Karakter yang ingin dibentuk pada seorang Pramuka Penegak Bantara di setiap pangkalan.

Item Type: Article
Kata Kunci: Model, Pendidikan, Karakter, Pramuka
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:07
Last Modified: 14 Feb 2019 03:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10100

Actions (login required)

View Item View Item