Upaya Meningkatkan Adversity Quotient Melalui Layanan Penguasaan Konten pada Siswa Kelas VIII D SMP N 2 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013

Muryanti, Titin (2012) Upaya Meningkatkan Adversity Quotient Melalui Layanan Penguasaan Konten pada Siswa Kelas VIII D SMP N 2 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (508kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (237kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (331kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (126kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (675kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (70kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (46kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (42kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (853kB) | Request a copy

Abstrak

Seperti fenomena yang terjadi belakangan ini, menyatakan bahwa banyak siswa memiliki daya juang yang rendah. Hal ini ditunjukkan saat siswa mengalami kesulitan akademik banyak yang mengalami cepat putus asa dan tidak ingin berjuang lagi. Siswa sering mengeluh ketika diberi tugas oleh guru, merasa pesimis atau tidak mampu jika disuruh untuk mengerjakan tugas, merasa malu dan tidak yakin terhadap dirinya serta tidak mempunyai motivasi untuk berkompetisi dalam daya saing terhadap prestasinya. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dirumuskan permasalahan: 1. Bagaimana meningkatkan Adversity Quotient melalui layanan penguasaan konten pada siswa kelas VIII D SMP N 2 Gebog Kudus tahun pelajaran 2012/2013? 2. Apakah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan Adversity Quotient pada siswa kelas VIII D SMP N 2 Gebog Kudus tahun pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini untuk: 1. Mendiskripsikan Adversity Quotient dan layanan penguasaan konten pada siswa Kelas VIII D SMP N 2 Gebog Kudus tahun pelajaran 2012/2013. 2. Meningkatkan Adversity Quotient melalui layanan penguasaan konten pada siswa Kelas VIII D SMP N 2 Gebog Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Landasan teorinya adalah adversity quotient (ketahanan diri) dan layanan penguasaan konten. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan adversity quotient (ketahanan diri) pada siswa kelas VIII D SMP N 2 Gebog Kudus tahun pelajaran 2012/2013”. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Gebog Kudus, sebanyak 32. Variabel penelitian: Layanan Penguasaan Konten (Variabel tindakan) dan Adversity Quotient (ketahanan diri) (Variabel masalah). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara, metode pendukung yaitu dokumentasi. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemun. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan guru BK dan observasi dilakukan secara langsung bersama guru BK. Penelitian dilakukan dari data hasil observasi dengan berpedoman pada 10 aspek yang dinilai yaitu: daya saing, produktivitas, kreativitas, motivasi, mengambil resiko, perbaikan, ketekunan, belajar, merangkul perubahan dan keuletan. Berdasarkan hasil observasi pra siklus diperoleh hasil kategori sangat kurang sebanyak 26 (81,2%) siswa dan kategori kurang sebanyak 6 (18,7%) siswa dari jumlah siswa keseluruhan serta rata-rata sebanyak 12,62 kategori sangat rendah. Setelah diberi layanan penguasaan konten pada sikus I, adversity quotient (ketahanan diri) siswa meningkat tetapi belum maksimal dengan hasil kategori baik sebanyak 1 (3,1%) siswa, tergolong kategori cukup baik sebanyak 22 (68,7%) siswa dan kategori kurang sebanyak 9 (28,1%) siswa. Maka rata-rata aspek penilaian menjadi 27,81 yang tergolong cukup baik. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil kategori baik sebanyak 15 (46,8%) siswa dan tergolong kategori sangat baik sebanyak 17 (53,1%) siswa dari jumlah siswa keseluruhan. Maka rata-rata aspek penilaian menjadi 41,40 yang tergolong sangat baik. Hasil wawancara dengan guru BK juga menunjukkan peningkatan lebih baik dalam pemberian kegiatan layanan. Secara keseluruhan siklus II memperoleh hasil sangat baik dengan melakukan 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dapat meningkatkan adversity quotient (ketahanan diri) pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Gebog Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya menambah sarana dan prasarana yang dapat menunjang dalam meningkatkan adversity quotient (ketahanan diri) siswa melalui layanan penguasaan konten, sehingga siswa dapat belajar aktif dan kreatif serta berpikir pantang menyerah dalam menghadapi suatu masalah. 2. Guru BK hendaknya menerapkan sentuhan high touch dan high tech, karena sangat baik dalam proses kegiatan layanan berlangsung. Sehingga siswa tidak merasa monoton dalam mempelajari pelajaran BK. 3. Wali kelas hendaknya lebih memahami kondisi keadaan siswa dalam menghadapi kesulitan-kesulitan yang muncul terkait dengan permasalahan yang dihadapi. 4. Siswa harus menyadari akan pentingnya keaktifan dalam belajar, tidak putus asa dan memiliki mental yang kuat agar rasa percaya diri dapat tertanam dalam setiap siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 = Drs. Sucipto, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Adversity Quotient (Ketahanan Diri); Layanan Penguasaan Konten
Subjects: Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 07 May 2013 03:42
Last Modified: 07 May 2013 03:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1017

Actions (login required)

View Item View Item