Aspek Hukum Perlindungan Konsumen Terhadap Konsumen Dalam Jual Beli Daging Sapi di Kabupaten Jepara

PURWANTO, HERY (2019) Aspek Hukum Perlindungan Konsumen Terhadap Konsumen Dalam Jual Beli Daging Sapi di Kabupaten Jepara. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (207kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (388kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (468kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (375kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (586kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (264kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (279kB)
[img] PDF (Abstrak) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (179kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Skripsi yang berjudul Aspek Hukum Perlindungan Konsumen Terhadap Konsumen Dalam Jual Beli Daging Sapi di Kabupaten Jepara ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan distribusi daging sapi dari pelaku usaha sampai ke konsumen, aspek hukum yang terkait dalam perlindungan konsumen terhadap jual beli daging sapi, dan pertanggungjawaban pelaku usaha dalam memberikan perlindungan kepada konsumen daging sapi. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah yusrdis sosiologis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer dan data sekunder, selanjutnya disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Pelaksanaan distribusi daging sapi dari pelaku usaha sampai ke konsumen berawal dari RPH yang dibeli oleh pedagang di pasar yang kemudian dijual di Pasar dan dibeli oleh konsumen. Aspek hukum terkait dalam perlindungan konsumen terhadap pelaku usaha jual beli daging sapi sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu ketentuan hukum perdata, KUHP dan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaran Peternakan dan Kesehatan Hewan. Pertanggungjawaban pelaku usaha dalam memberikan perlindungan kepada konsumen daging sapi di Kabupaten Jepara, pelaku usaha memberikan perlindungan kepada konsumen daging sapi sebagai bentuk tanggung jawab produk dan pertanggungjawaban hukum. Pemerintah Jepara membentuk Tim Pengawas dan Pembinaan Peredaran barang dan/atau Jasa, yang melaksanakan pengawasan terhadap peredaran daging sapi layak konsumsi di wilayah Kabupaten Jepara.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. SUKRESNO, SH., MHum Pembimbing 2 : DWIYANA ACHMAD H, SH., SHI., MH
Uncontrolled Keywords: Skripsi yang berjudul Aspek Hukum Perlindungan Konsumen Terhadap Konsumen Dalam Jual Beli Daging Sapi di Kabupaten Jepara ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan distribusi daging sapi dari pelaku usaha sampai ke konsumen, aspek hukum yang terkait dalam perlindungan konsumen terhadap jual beli daging sapi, dan pertanggungjawaban pelaku usaha dalam memberikan perlindungan kepada konsumen daging sapi. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah yusrdis sosiologis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer dan data sekunder, selanjutnya disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Pelaksanaan distribusi daging sapi dari pelaku usaha sampai ke konsumen berawal dari RPH yang dibeli oleh pedagang di pasar yang kemudian dijual di Pasar dan dibeli oleh konsumen. Aspek hukum terkait dalam perlindungan konsumen terhadap pelaku usaha jual beli daging sapi sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu ketentuan hukum perdata, KUHP dan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaran Peternakan dan Kesehatan Hewan. Pertanggungjawaban pelaku usaha dalam memberikan perlindungan kepada konsumen daging sapi di Kabupaten Jepara, pelaku usaha memberikan perlindungan kepada konsumen daging sapi sebagai bentuk tanggung jawab produk dan pertanggungjawaban hukum. Pemerintah Jepara membentuk Tim Pengawas dan Pembinaan Peredaran barang dan/atau Jasa, yang melaksanakan pengawasan terhadap peredaran daging sapi layak konsumsi di wilayah Kabupaten Jepara.
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Hukum > Hukum negara > Teori dan prinsip hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 25 Jul 2019 01:47
Last Modified: 25 Jul 2019 01:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10800

Actions (login required)

View Item View Item