Pengelolaan Zakat Menurut Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2011 Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Kudus

MAULIFA, KHOIRUNNISA’ NUANSA (2019) Pengelolaan Zakat Menurut Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2011 Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (754kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (195kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (151kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (424kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (35kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (72kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (503kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian yang berjudul “PENGELOLAAN ZAKAT MENURUT UNDANG–UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 SEBAGAI UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DI KABUPATEN KUDUS” untuk mengetahui Implementasi pengelolaan zakat sebagai upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kudus ditinjau dari Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2011 di Kabupaten Kudus untuk mengetahui hambatan dan upaya mengatasi hambatan yang dihadapi oleh instansi pengelolaan zakat. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah yuridis sosiologis dengan teknik pengumpulan data, menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah data diperoleh, kemudian disusun secara sistematis dan dianalisis secara kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan untuk skripsi yang bersifat ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditunjukan bahwa implementasi Pengelolaan Zakat sebagai upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kudus meliputi Pengumpulan Zakat, Pendistribusian Zakat dan pendayagunaan Zakat di Kabupaten Kudus sesuai dengan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat, namun belum dapat berfungsi optimal dalam upaya pengentasan kemiskinan. Hambatan yang dihadapi instansi Pengelolaan Zakat dalam Rangka Melakukan Pengelolaan Zakat sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Kudus adalah kurangnya kepercayaan Muzakki pada penghimpunan zakat, Belum memiliki sarana prasarana dan pengelolaan administrasi yang memandai, belum mempunyai pegawai yang full timer, Minimnya kesadaran membayar zakat dari masyarakat, Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang fiqih zakat, Kebijakan dari pemimpin daerah, Pemanfaatan zakat produktif belum maksimal. Upaya mengatasi hambatan dengan pendekatan secara langsung Amil zakat kepada muzakki, menyediakan sarana prasarana yang memadai, mencanangkan gerakan membayar zakat dan perlunya sosialisasi, pembentukan Peraturan Daerah, memberikan langsung bentuk usaha atau keterampilan kepada mustahiq.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Iskandar Wibawa, S.H., M.H Pembimbing 2 : Dwiyana Achmad Hartanto, S.H., SHI., M.H
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Zakat, Pengentasan Kemiskinan
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Hukum > Hukum negara > Teori dan prinsip hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 25 Jul 2019 01:54
Last Modified: 25 Jul 2019 01:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10801

Actions (login required)

View Item View Item