INDRIANI, RIZQI ARDIANA (2019) Penerapan model teams game tournamen untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ips dan ppkn pada pembelajaran tema indahnya kebersamaan kelas iv sd 1 megawon. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (693kB) | Preview |
Preview |
PDF (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (417kB) | Preview |
PDF (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (402kB) | Preview |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru melalui penerapan model Teams Games Tournamen pada mata pelajaran IPS dan PPKn tema indahnya kebersamaan pada kelas IV SD 1 Megawon Jati Kudus. Penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas IV SD 1 Megawon Jati Kudus yang berjumlah 20 siswa dan guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Teams Games Tournamen berbantuan media gambar beranak dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar IPS dan PPKN siswa kelas IV SD 1 Megawon pada tema indahnya kebersamaan yang cukup signifikan. Hasil belajar ranah pengetahuan siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 76,75% pada mata pelajaran IPS dan 75,9% pada mata pelajaran PPKN, siklus II sebesar 85,5% pada mata pelajaran IPS dan 81,55% pada mata pelajaran PPKN. Hasil belajar ranah sikap siklus I dengan kualifikasi sedang dan siklus II dengan kualifikasi baik. Hasil belajar ranah keterampilan siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 76,4% dengan kualifikasi cukup dan siklus II sebesar 88,77% dengan kualifikasi cukup. Keterampilan guru mengelola pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 77,2% dengan kualifikasi baik menjadi 78,57% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model Teams Games Tournamen dapat meningkatkan hasil belajar tema indahnya kebersamaan pada kelas IV SD 1 Megawon. Bedasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Megawon dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournamen dapat meningkatkan hasil belajar tema indahnya kebersamaan pada siswa kelas IV SD 1 Megawon. Untuk itu siswa diharapkan lebih terbuka/ bertanya terhadap guru kelas apabila mengalami kesulitan ketika mempelajari materi, sehingga siswa menjadi lebih faham dan nilainya baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 2 : Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A NIDN : 0623038604 Pembimbing 1 : Sri Utaminingsih, M.Pd NIDN : 0607036901 |
Kata Kunci: | Hasil belajar, Teams Games Tournamen, IPS dan PPKn, Tema Indahnya Keragaman. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 10 Aug 2019 03:34 |
Last Modified: | 10 Aug 2019 03:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11012 |
Actions (login required)
View Item |