Pelaksanaan tilang elektronik cctv (e-tilang cctv) oleh satlantas polrestabes semarang terhadap pengguna sepeda motor di wilayah kota semarang

AJI, WAHYU PRATAMA (2018) Pelaksanaan tilang elektronik cctv (e-tilang cctv) oleh satlantas polrestabes semarang terhadap pengguna sepeda motor di wilayah kota semarang. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (613kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (471kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (498kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (440kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (501kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (162kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (353kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Skripsi yang berjudul”PELAKSANAAN TILANG ELEKTRONIK CCTV (E-TILANG CCTV) OLEH SATLANTAS POLRESTABES SEMARANG TERHADAP PENGGUNA SEPEDA MOTOR DI WILAYAH KOTA SEMARANG” ini bertujuan mengetahui pelaksanaan E-tilang CCTV Satlantas Polrestabes Semarang, dan untuk mengetahui upaya Satlantas Polrestabes Semarang dalam mengatasi hambatan-hambatan pelaksanaan E-Tilang CCTV. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris/sosiologis. Dalam hal teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah data diproleh maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Dari hasil penelitian dapat ditunjukan bahwa pelaksanaan tilang elektronik CCTV oleh Satlantas Polrestabes Semarang terhadap pengguna sepeda motor di wilayah Kota Semarang didasarkan pada ketentuan Pasal 23 PP Nomor80 Tahun 2012. Mekanisme E-Tilang CCTV, pengendara yang melanggar akan terekam CCTV yang sudah terpasang lalu petugas ATCS langsung memotret untuk kemudian dikirimkan data-data mengenai kepemilikan kendaraan pelanggar via email ke Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polrestabes Semarang. Data-data tersebut merupakan bukti penindakan untuk menyakinkan pelanggar ketika petugas kepolisian akan menilang ke alamat pelanggar, kententuan penggunaan peralatan elektronik digunakan sebagai alat bukti didasarkan pada Pasal 272UU Nomor 22 Tahun 2009. Setelah itu petugas akan mendatangi alamat yang bersangkutan, tidak langsung penindakan tetapi melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Hambatan yang muncul sehubungan dengan pelaksanaan E-Tilang CCTV oleh Satlantas Polrestabes Semarang terhadap pengguna sepeda motor di wilayah Kota Semarang adalah kendaraan yang berpindah tangan & terbatasnya personel kepolisian dalam penindakan ke rumah pelanggar. Upaya Satlantas Polrestabes Semarang dalam mengatasi hambatan-hambatan pelaksanaan E-Tilang CCTV adalah Pengusulan terhadap penambahan personel terkait penindakan pelanggaran lalu lintas ke rumah-rumah pelanggar yang ada di wilayah hukum kota Semarang dan Sosialisasi bersama DihubKota Semarang serta pemasangan spanduk-spanduk tentangmematuhi tata tertib berlalu lintas terkait pelaksanaan E-Tilang CCTV di wilayah Kota Semarang.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr.Hidayatullah, SH, M.Hum Pembimbing 2 : Wiwit Ariyani S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: E-TilangCCTV, Satlantas Polrestabes Semarang, Sepeda Motor
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Hukum > Hukum negara > Teori dan prinsip hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 15 Aug 2019 02:03
Last Modified: 15 Aug 2019 02:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11041

Actions (login required)

View Item View Item