Pelaksanaan pelayanan perijinan usaha perdagangan secara online oleh dinas penanaman modal & pelayanan terpadu satu pintu dalam upaya meningkatkan investasi di kabupaten kudus

SUMARJONO, - (2018) Pelaksanaan pelayanan perijinan usaha perdagangan secara online oleh dinas penanaman modal & pelayanan terpadu satu pintu dalam upaya meningkatkan investasi di kabupaten kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (449kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (306kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (331kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (112kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (846kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (69kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Skripsi yang berjudul “PELAKSANAAN PELAYANAN PERIJINAN USAHA PERDAGANGAN SECARA ONLINE OLEH DINAS PENANAMAN MODAL & PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM UPAYA MENINGKATKAN INVESTASI DI KABUPATEN KUDUS” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana layanan SIUP secara online dilaksanakan oleh DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan apakah layanan tersebut berpengaruh terhadap peningkatan investasi penanaman modal di Kabupaten Kudus. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris dengan menggunakan data primer yang berasal dari hasil wawancara dengan pejabat maupun pegawai yang berwenang di DPMPTSP Kabupaten Kudus serta beberapa pemohon yang mengajukan permohonan SIUP secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan SIUP online yang dilaksanakan oleh DPMPTSP didasarkan pada Perbup Kudus Nomor 24 Tahun 2015 tentang Pendelegasian dan Pelimpahan Kewenangan Penandatanganan Perijinan Kepada Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Kudus yang mulai dilaksanakan pada Bulan Januari 2016 dengan menggunakan cara SIPTO (Sistem Informasi Pelayanan Terpadu Online). Selanjutnya setelah keluar Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perijinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik maka mulai pada tanggal 6 Juli 2018 layanan SIUP secara online yang dijalankan oleh DPMPTSP Kabupaten Kudus menggunakan sistem OSS (Online Single Submission) atau disebut perijinan online tunggal. Layanan SIUP online yang dilaksanakan oleh DPMPTSP Kabupaten Kudus bertujuan untuk memberikan layanan permohonan SIUP dengan cara yang mudah, murah, efektif, dan ketepatan waktu penyelesaiannya. Pemohon SIUP secara online dapat dilakukan oleh pemohon dari rumah atau di manapun tempat pemohon berada tanpa harus datang ke Kantor DPMPTSP Kabupaten Kudus. Tetapi dalam prakteknya pelaksanaan layanan SIUP secara online baik yang menggunakan cara SIPTO maupun dengan cara OSS para pemohon SIUP masih banyak yang datang ke Kantor DPMPTSP Kabupaten Kudus untuk meminta bantuan secara langsung kepada para pegawai yang bertugas guna mengakses permohonan SIUP melalui jaringan internet sebagaimana sistem layanan online dijalankan. Selanjutnya data penerbitan SIUP beserta nilai investasi yang didapat oleh penulis dalam kurun waktu 2 Tahun setelah dilaksanakannya layanan SIUP secara online jumlahnya mengalami penurunan jika dibanding dengan 2 tahun sebelum pelaksanaan SIUP online sedangkan realisasi jumlah investasinya selalu meningkat dari target yang ditetapkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : DR. Subarkah, S.Hum., M.H Pembimbing 2 : Anggit Wicaksono, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Layanan, Online, SIUP.
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Hukum > Hukum negara > Teori dan prinsip hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 19 Aug 2019 01:44
Last Modified: 19 Aug 2019 01:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11081

Actions (login required)

View Item View Item