Model pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol (praktik baik/best practice pembebasan tanah untuk jalan tol trans jawa ruas solo – mantingan i di kabupaten karanganyar)

SUDDIN, ERWIN NUGROHO (2018) Model pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol (praktik baik/best practice pembebasan tanah untuk jalan tol trans jawa ruas solo – mantingan i di kabupaten karanganyar). Tesis Magister thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (507kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (345kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (364kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (743kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (364kB)
[img] PDF (Abstrak) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (269kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini berjudul “MODEL PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN JALAN TOL ( PRAKTIK BAIK / BEST PRACTICE PEMBEBASAN TANAH UNTUK JALAN TOL TRANS JAWA RUAS SOLO – MANTINGAN I DI KABUPATEN KARANGANYAR ) bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol ruas Solo-Mantingan I di Kabupaten Karanganyar. Permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan dalam bentuk pertanyaan penelitian yaitu : (1) Bagaimana pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol trans Jawa ruas Solo – Mantingan I di Kabupaten Karanganyar, (2) Faktor-faktor apa yang menyebabkan belum selesainya ganti kerugian dalam proses pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol Trans Jawa ruas Solo-Mantingan I di Kabupaten Karanganyar, (3) Bagaimana upaya Pemerintah untuk menyelesaikan apabila tidak tercapai kata sepakat tentang besaran nilai ganti kerugian dalam pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumen dan pengamatan/observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pengadaan tanah dan pemberian ganti rugi untuk pembangunan jalan tol Trans Jawa Ruas Solo Mantingan I di Kabupaten Karanganyar sudah sesuai dengan Peratura Presiden Nomor 36 Tahun 2005 jo Peraturan Presiden Nomor 65 Tahun 2006 dan Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2007. Simpulan dari peneliti menyebutkan bahwa, 1) pelaksanaan pengadaan tanah dan pemberian ganti rugi untuk pembangunan jalan tol Trans Jawa Ruas Solo Mantingan I di Kabupaten Karanganyar sudah sesuai dengan Peratura Presiden Nomor 36 Tahun 2005 jo Peraturan Presiden Nomor 65 Tahun 2006, 2) Adapun faktor-faktor yang dihadapi antara lain jual-belilahansecarabebas,proses waris tanpabalik nama,kepemilikan absentee, 3) Tidak adanyakesepakatan hargaparapihak,upayayang dilakukanpanitiapengadaantanah:melakukan musyawarah mufakat, mediasi, dan memberikan pemahamanmengenai fungsi sosialtanah.

Tipe dokumen: Skripsi (Tesis Magister)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Suparnyo, S.H.,M.S Pembimbing 2 : Dr. Subarkah, S.H.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pengadaan Tanah, Tol Trans Jawa, Kepentingan Umum
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Hukum > Hukum negara > Teori dan prinsip hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 20 Aug 2019 01:44
Last Modified: 20 Aug 2019 02:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11146

Actions (login required)

View Item View Item