The Vocabulary Mastery Of The Fifth Grade Students Of SDN Pegandan 01 Pati In Academic Year 2012/2013 Taught By Using Story-Based Approach.

Ismayanti, Wahyu (2012) The Vocabulary Mastery Of The Fifth Grade Students Of SDN Pegandan 01 Pati In Academic Year 2012/2013 Taught By Using Story-Based Approach. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL DEPAN]
Preview
PDF (HAL DEPAN)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (613kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
CHAPTER_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
CHAPTER_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
CHAPTER_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
CHAPTER_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
CHAPTER_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI]
Preview
PDF (BAB VI)
CHAPTER_VI.pdf - Accepted Version

Download (152kB)
[thumbnail of BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
PDF
BIBLIOGRAPHY.pdf - Accepted Version

Download (102kB)
[thumbnail of APPENDICES.pdf] PDF
APPENDICES.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of PPT] Microsoft PowerPoint (PPT)
Presentasi.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstrak

Ismayanti, Wahyu. 2012. Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas Lima SDN Pegandan 01 Pati Tahun Ajaran 2012/2013 Diajar Menggunakan Pendekatan Berbasis Cerita. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (1) Mutohhar, S.Pd, M.Pd (2) Dr. H.A. Hilal Madjdi, M.Pd Kata Kunci: Kosakata bahasa Inggris dan pendekatan berbasis cerita Pengajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak menjadi populer di Indonesia sekarang ini sejak Bahasa Inggris diberikan di Sekolah Dasar, walaupun Bahasa Inggris masih sebagai muatan lokal. Berdasarkan kurikulum, siswa Sekolah Dasar sebagai pembelajar awal diharapkan dapat menggunakan bahasa inggris lisan sederhana dalam lingkup sekolah. Oleh karena itu, siswa harus menguasai kosakata bahasa Inggris dengan baik. Faktanya, pengusaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas lima SDN Pegandan 01 tahun ajaran 2012/2013 masih rendah dan ini bias dilihat dari nilai hasil ulangan tengah semester. Nilai rata-rata siswa 55 dan nilai Ketuntasan Minimalnya 70. Oleh karena itu, Story-Based Approach adalah pendekatan yang akan saya gunakan untuk mencoba mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kosakata bahasa Inggris siswa kelas 5 SDN Pegandan 01 tahun ajaran 2012/2013 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Story-Based Approach. Bentuk penelitian ini adalah one group eksperiment kuantitatif. Populasinya adalah semua siswa kelas lima SDN Pegandan 01 pada tahun ajaran 2012/2013. Ada 19 siswa. Instrument penelitian adalah test tertulis kosakata bahasa Inggris. Bentuk testnya adalah pilihan ganda. Tes dilaksanakan dua kali yaitu pretest dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penguasaan kosakata bahasa Inggris sebelum dan sesudah diajar dengan Story-Based Approach. Berdasarkan hasil penghitungan t-test, menunjukan bahwa t-observasi lebih tinggi dari t-tabel (to = 3,59 > t-t = 2.101). Dalam tingkat signifikansi α= .05 dan derajat kebebasan 18. Selain itu, nilai mean dari pretest 60,05 dan nilai mean dari post-test 74,63. Lebih jauh lagi, standard deviasi dalam pretest 13,82 dan standard deviasi dalam post-test 12,67. Dalam pretest, nilai median 77,75 dan nilai modus 56,6. Sedangkan dalam post-test, nilai median 81,84 dan nilai modus 68,3. Berdasarkan hasil penelitian, guru bahasa Inggris di Sekolah Dasar disarankan untuk menggunakan pendekatan berbasis cerita karena pendekatan berbasis cerita terdapat pengulangan dan konteks yang nyata, sehingga siswa belajar kosakata dengan mudah. Selain itu, pendekatan berbasis cerita sesuai dengan karakteristik anak-anak, karena anak-anak menyukai cerita. Lebih jauh lagi, anak-anak akan belajar secara maksimal ketika mereka merasa nyaman, dan melalui pendekatan berbasis cerita mereka akan belajar bahasa Inggris dengan nyaman.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Advisors: (i) Rismiyanto, S.S, M.Pd (ii) Titis Sulistyowati, S.S, M.Pd
Kata Kunci: vocabulary mastery and Story-Based Approach
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Diana Diana
Date Deposited: 06 May 2013 05:23
Last Modified: 06 May 2013 05:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1115

Actions (login required)

View Item View Item