Meningkatkan pemantapan perencanaan karier melalui layanan informasi media mind map pada siswa kelas xi gambar bangunan smk negeri 2 pati

SEPTIANI, DINA NIFI' (2018) Meningkatkan pemantapan perencanaan karier melalui layanan informasi media mind map pada siswa kelas xi gambar bangunan smk negeri 2 pati. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan penerapan layanan informasi media mind map untuk meningkatkan pemantapan perencanaan karier siswa kelas XI B SMK 2 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Mendeskripsikan peningkatkan pemantapan perencanaan siswa kelas XI B SMK 2 Pati setelah diberikan layanan informasi karier media mind map. Perencanaan karier merupakan kemampuan siswa kelas XI B SMK 2 Pati dalam aktivitasnya menyusun rancangan masa depan. Kunci sukses dalam perencanaan karier adalah pengetahuan siswa akan bakat, minat, potensi, kelemahan, harapan, dukungan orangtua, serta potensi lingkungan. Layanan informasi merupakan layanan dalam bimbingan dan konseling yang memiliki tujuan untuk membekali siswa dengan informasi seputar dunia usaha dan dunia industri. Dengan harapan siswa kelas XI B SMK 2 Pati dapat menentukan pilihan jenjang karier setelah lulus sekolah. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling.Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI B SMK 2 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 29 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik mixedmethoddengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperkuat dengan data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat. Hasil penelitian menyatakan kondisi pemantapan perencanaan karier pada siswa di periode pra siklus sebesar 351, skor rerata 12,10 (35%) kategori (Kurang). Pada periode siklus I pertemuan pertama pemantapan perencanaan karier siswa memperoleh skor sebesar 427, skor rerata 14,72 (42%) kategori (Kurang), pertemuan kedua memperoleh skor 497 skor rerata 17,14 (49%) kategori (Kurang), pertemuan ketiga memperoleh skor 599 skor rerata 20,66 (59%) kategori (Cukup). Di periode siklus II pemantapan perencanaan karier pada siswa di pertemuan pertama memperoleh jumlah skor 686, dengan skor rerata 23,66 (68%) kategori (Cukup). Pertemuan kedua memperoleh jumlah skor 760, skor rerata sebesar 26,21 (75%) kategori (Baik), dan pada pertemuan ketiga memperoleh skor 858, dengan skor rerata 29,59 (85%) kategori (Baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1. Penerapan layanan informasi media mind map telah berhasil dalam meningkatkan pemantapan perencanaan karier siswa kelas XI Gambar Bangunan SMK 2 Pati, hal ini didasarkan pada hasil pengamatan pada siklus I diketahui peneliti memperoleh skor 33 (66%) kategori (Cukup). Pada siklus II peneliti memperoleh skor 47 (94%) kategori (Sangat Baik). 2. Pemantapan perencanaan karier pada siswa kelas XI Gambar Bangunan telah mengalami peningkatan, hal tersebut diketahui dari pra siklus siswa memperoleh jumlah skor aspek 351, nilai rerata 12,10 (35%) kategori (Kurang). Pada siklus I siswa memperoleh jumlah skor aspek 599, dengan nilai rerata 20,66 (59%) kategori (Cukup). Pada siklus II siswa memperoleh jumlah skor aspek 858, nilai rerata 29,59 (85%) kategori (Baik). Saran kepada pihak-pihak terkait sebagai berikut:1.Siswa: Siswa hendaknya selalu melatih kemampuan mereka dalam membuat mind map sebagai media untuk mencari informasi yang bermanfaat bagi siswa, terutama pada perencanaan karier.2.Guru Bimbingan dan Konseling: Guru bimbingan dan konseling hendaknya memberikan perhatian kepada perencanaan karier yang dimiliki oleh semua siswa di SMK 2 Pati, serta selalu memberikan layanan bimbingan agar siswa memiliki pandangan yang jelas mengenai karier mereka di kemudian hari.3. Kepala Sekolah: Kepala sekolah hendaknya memberikan fasilitas dan akses untuk pengembangan pelayanan bimbingan dan konseling kepada guru Bimbingan dan Konseling di SMK 2 Pati, terutama pada pemberian layanan informasi dalam rangka meningkatkan pemantapan perencanaan karier melalui media mind map. 4. Peneliti selanjutnya: Peneliti selanjutnya hendaknya dapat mengembangkan berbagai media alternatif seperti internet atau media massa dalam memberikan layanan informasi untuk meningkatkan pemantapan perencanaan karier pada siswa, baik di SMA maupun di SMK.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Drs. Sucipto, M.Pd., Kons Pembimbing 2 : Richma Hidayati, M.Pd
Kata Kunci: Pemantapan Perencanaan Karier. Layanan Informasi Media Mind Map.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:49
Last Modified: 21 Aug 2019 03:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11233

Actions (login required)

View Item View Item