Peningkatan sikap disiplin waktu masuk sekolah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk siswa kelas xma nu ibtidaul falah kudus

NI'MAH, FATHUN (2018) Peningkatan sikap disiplin waktu masuk sekolah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk siswa kelas xma nu ibtidaul falah kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (529kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Sikap Disiplin Waktu masuk Sekolah adalah perilaku setiap individu untuk bisa menaati aturan dan tata tertib yang ada di sekolah, serta dapat menghargai waktu dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin supaya tercipta kedisiplinan dalam diri, dengan adanya sikap disiplin waktu masuk sekolah siswa dapat memahami bahwa nilai disiplin itu bukanlah bernilai demi disiplinnya itu sendiri, melainkan demi tujuan lain yang lebih luas, yaitu demi stabilitas dan kedamaian hidup bersama. Untuk meningkatkan sikap disiplin waktu masuk sekolah peneliti berupaya menerapkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan peningkatan sikap disiplin waktu masuk sekolah sesudah diberi Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk siswa kelas X MA NU Ibtidaul Falah Kudus. 2. Diperolehnya peningkatan sikap disiplin waktu masuk sekolah setelah mendapatkan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk siswa kelas X MA NU Ibtidaul Falah Kudus. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas Bimbingan dan Konseling dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan dan setiap pertemuan 45 menit. Subyek penelitian yakni 8 siswa kelas X 1 MA NU Ibtidaul Falah Kudus yang memiliki sikap disiplin waktu masuk sekolah yang rendah. Hasil penelitian terhadap peningkatan sikap disiplin waktu masuk sekolah mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada pra siklusmendapatkan skor 17 persentase 34% dengan kategori sangat kurang. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I pertemuan ketiga memperoleh skor 23 persentase 46,25% dengan kategori kurang dan mengalami peningkatan 8%. Pada siklus II pertemuan ketiga memperoleh skor 42 persentase 84% dengan kategori sangat baik dan mengalami peningkatan 38%. Peningkatan aktifitas siswa dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan ketiga diperoleh persentase 60% kategori cukup dan pada siklus II pertemuan ketiga diperoleh persentase 83% dengan kategori baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dapat efektif untuk meningkatkan sikap disiplin waktu masuk sekolah untuk siswa kelas X 1 MA NU Ibtidaul Falah Kudus. Disarankan untuk: 1. Kepada Siswa, siswa dapat memanfaatkan sarana dan prasarana dari konselor untuk meningkatkan sikap disiplin waktu masuk sekolah. 2 Kepada Konselor, diharapkan mampu menjalin hubungan yang baik dengan siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan permasalahannya. 3 Kepada Kepala Sekolah, diharapkan dapat memberikan fasilitas yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling disekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons Pembimbing 2 : Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd
Kata Kunci: Sikap Disiplin Waktu Masuk Sekolah, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:19
Last Modified: 21 Aug 2019 04:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11239

Actions (login required)

View Item View Item