Peningkatan kemampuan interpersonal melalui layanan bimbingan kelompok dengan tekniksimulasi pada siswa kelas x ips ma manba’ul huda kalitekuk

KHUSNA, KAMILIA (2018) Peningkatan kemampuan interpersonal melalui layanan bimbingan kelompok dengan tekniksimulasi pada siswa kelas x ips ma manba’ul huda kalitekuk. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (597kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah : 1. Mendiskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dalam meningkatkan kemampuan interpersonal sisiwa kelas X MA Manbaul Huda Kalitekuk., 2. Diperolehnya peningkatan kemampuan interpersonal melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi pada siswa kelas X MA Manbaul Huda Kalitekuk. Kemampuan interpersonal merupakan kemampuan atau kecakapan yang dimiliki seseorang dimana ia mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain dan mengerti apa yang diinginkan orang lain dari dirinya, entah itu dari sikap, tingkah laku dan persaannya. Dalam penelitian ini menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi untuk meningkatkan kemampuan interpersonal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas X yang menunjukkan gejala-gejala kemampuan interpersonal yang rendah. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini berjumlah 8 sisiwa kelas X MA Manbaul Huda Kalitekuk. Aktivitas peneliti dalam memberikan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan I memperoleh hasil persentase 59% masuk kategori Cukup. pada pertemuan II diperoleh hasil persentase 60% dengan kategori Cukup, pada pertemuan III mendapatkan hasil persentase 66% dan masuk dalam kategori Cukup. Hasil penelitian kemampuan interpersonal siswa pra siklus dengan skor 16,2 32,4% kategori sangat kurang. Siklus I pertemuan pertama rata-rata skor 21,2 42,4% kategori kurang, pertemuan kedua siklus I rata-rata skor 26,5 53% kategori cukup, pertemuan ketiga siklus I rata-rata skor 30,2 60,4 % kategori cukup, siklus II pertemuan I rata-rata skor siswa 33,6 62,7% kategori baik, siklus II pertemuan kedua mendapatkan rata-rata skor 38,2 76,4% kategori baik, siklus II pertemuan ketiga rata-rata skor 43,8 87,6% kategori sangat baik. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan interpersonal siswa dar pra siklus dengan rata-rata skor 16,2 (32,4%) kategori sangat kurang, pertemuan ketiga siklus I rata-rata skor 30,2 (60,4 %) kategori cukup, siklus II pertemuan ketiga rata-rata skor 43,8 (87,6%) kategori sangat baik. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok teknik simulasi untuk meningkatkan kemampuan interpersonal siswa. Disarankan kepada: 1. Kepala sekolah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman dalam mennetukan kebijakan yang mendukung secara penuh program layanan bimbingan konseling di MA Manbaul Huda Kalitekuk dengan memberikan kelengkapan sarana dan prasarana pelaksanaan layanan bimbingan konseling di sekolah. Agar pelaksanaan layanan bimbingan konseling dapat berjalan secara maksimal. 2. Kepada guru bimbingan konseling hendaknya memberikan bantuan kepada siswa lebih banyak memanfaatkan pendekatan dan teknik dalam bimbingan konseling agar permasalahan siswa dapat diatasi khususnya kemampuan interpersonal siswa. 3. Kepada siswa agar dapat ikut berpartisipasi dan memnfaatkan fungsi layanan bimbingan konseling dalam membantu memecahkan permasalahan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Drs. Sucipto, M.Pd.,Kons Pembimbing 2 : Dra. Sumarwiyah, M.Pd.,Kons
Kata Kunci: Kemampuan Interpersonal, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Simulasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 21 Aug 2019 04:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11241

Actions (login required)

View Item View Item