UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN SISWA KELAS II SD N RAU KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

NUR AFIDAH , FUJI (2013) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN SISWA KELAS II SD N RAU KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (484kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (98kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran Matematika memiliki tingkat kesukaran, ketelitian dan pemahaman yang tinggi sehingga menyebabkan siswa banyak mengalami kesulitan yang membawa dampak rendahnya prestasi belajar siswa.Keadaan ini dialami oleh siswa kelas II SD N Rau Kedung Jepara sehingga perlu mencarikan solusi dengan memberikan Layanan Penguasaan Konten. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti merumuskan permasalahan apakah layanan penguasaan Konten dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas II SD N Rau Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar Matematika dengan menggunakan layanan penguasaan konten pada siswa kelas II SD N Rau Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Manfaat Penelitian 1. Manfaat teoritis :memberikan sumbangan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan Matematika.2. Manfaat praktis : (1) Bagi Kepala sekolah sebagai bahan masukan berupa informasi ilmiah tentang pentingnya pelaksanaan pembelajaran menggunakan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas II SD Rau Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. (2) Bagi Guru Kelas dengan dilaksanakan PTBK guru dapat memperbaiki metode pembelajaran yang digunakan dan strategi pembelajaran yang diterapkan khususnya menerapkan layanan penguasaan konten. (3) Bagi Siswa dengan adanya PTBK ini, siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika dapat diatasi dengan menerapkan layanan penguasaan konten, dan dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. (4). Bagi Peneliti dapat menambah pengetahuan bagi peneliti bahwa layanan penguasaan konten sangat diperlukan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Hipotesis dirumuskan. “Layanan Penguasaan Konten dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SD N Rau Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013” Metode penelitian terdiri dari : setting penelitian di SD N Rau Kedung Jepara. Subjek penelitian siswa kelas II SD N Rau Kedung Jepara yang berjumlah 25 orang terdiri dari 14 putra11 putri.Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu: variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya adalah Prestasi belajar Matematika. Variabel terikatnya adalah layanan Penguasaan Konten Siswa Kelas II SD N Rau Kedung Jepara Tahun Pelajaran 20012/2013. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas menggunakan siklus berkelanjutan yang masing- masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, data dokumenter, dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1)kualitas Layanan Penguasan Konten indikator High Touchterdiri dari aspek kewibawaan, aspek kasih sayang dan kelembutan, aspek keteladanan, aspek pemberian penguatan mengalami kenaikan yang signifikan mulai dari siklus I, II. Demikian pula pada pengamatan kualitas Layanan Penguasaan Konten Indikator High Tech mulai dari aspek materi pembelajaran, metode pembelajaran, alat bantu pembelajaran, lingkungan pembelajaran dan aspek penilaian hasil pembelajaran mengalami kenaikan yang signifikan mulai dari siklus I, dan II. Hasil pengamatan aktivitas siswa kelas II SD N Rau Kedung Jepara dalam indikator High Touch siklus I diperoleh hasil dalam kategori cukup (C) dengan rata-rata 61%, siklus II dalam kategori baik (B) dengan rata-rata 81,3%. Indikator High Tech siklus I dalam kategori cukup (C) dengan rata-rata 60,6%, siklus II dalam kategori sangat baik (SB), dengan rata-rata 83,6%. Hasil belajar siswa dalam nilai tes formatif diperoleh tingkat pada siklus I = 64%, siklus II tuntas 100%. Taraf serap pada siklus I = 36%, dan turun menjadi 0% pada siklus II. Dengan hasil tersebut maka hipotesis yang berbunyi “Layanan Penguasaan Konten dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas II SD N Rau Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013”, diterima karena terbukti kebenarannya. Saran yang dapat penulis sampaikan bagi sekolah penerapan layanan penguasaan Konten perlu diberdayakan di sekolah karena dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas II SD N Rau Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013.Bagi guru hendaknya menerapkan layanan penguasaan Konten perlu diberdayakan di sekolah karena dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas II SD N Rau Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013.Bagi siswa hendaknya proaktif dalam mengikuti pembelajaran dengan layanan penguasaan Konten yang diberikan oleh guru sehingga pembelajaran matematika khususnya pada kompetensi dasar penjumlahan dan pengurangan dapat meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I Drs. Masturi, MM., Dosen Pembimbing II Dr. Murtono, M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci:Prestasi Belajar; Layanan Penguasaan Konten
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Date Deposited: 24 Jul 2013 03:39
Last Modified: 24 Jul 2013 03:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item