Analisis faktor-faktor penerimaan penggunaan sistem keuangan desa (siskeudes): pendekatan technology acceptance model dan theory of planned behavior (studi kasus pada pemerintah desa kabupaten kudus)

Chamid, Ahmad Abdul and Salisa, Naila Rizki (2020) Analisis faktor-faktor penerimaan penggunaan sistem keuangan desa (siskeudes): pendekatan technology acceptance model dan theory of planned behavior (studi kasus pada pemerintah desa kabupaten kudus). [Experiment]

[thumbnail of Laporan penelitian full]
Preview
PDF (Laporan penelitian full)
Laporan Penelitian - Analisis Faktor-Faktor Penerimaan Penggunaan Sistem Keuangan Desa.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunaan Siskeudes dan menelaah pendekatan mana yang sesuai untuk menginvestigasi faktor- faktor penerimaan penggunaan Siskeudes. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden secara langsung. Sampel yang diperoleh dalam penelitian ini berjumlah 82 responden pengguna aplikasi Siskeudes di tiap Pemerintah Desa Kabupaten Kudus. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan metode path analysis (analisis jalur) menggunakan SMART PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor dari kedua model, baik TAM maupun TPB dapat menjelaskan penerimaan penggunaan Siskeudes, meskipun persepsi kemudahan dan persepsi kendali perilaku menunjukkan tidak ada pengaruh terhadap penggunaan Siskeudes. Model TAM ditemukan dapat menginvestigasi faktor-faktor penerimaan penggunaan Siskeudes dibandingkan model TPB. Meskipun, kedua model tersebut tidak memiliki selisih nilai yang jauh.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), Technology Acceptance Model (TAM), Theory of Planned Behavior (TPB)
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Ilmu Murni > Matematika > Perangkat lunak (software) komputer
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:29
Last Modified: 03 Sep 2020 02:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12563

Actions (login required)

View Item View Item