Dekonstruksi Praksis Pembelajaran Berbasis Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curriculum)

Sukiman, - Dekonstruksi Praksis Pembelajaran Berbasis Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curriculum). In: Proceeding Seminar Nsional Cakrawala Pembelajaran Berkualitas di Indonesia. Dirjen Dikti Kemendikbud, Jakarta, pp. 23-35.

[thumbnail of Sampul & Daftar Isi]
Preview
PDF (Sampul & Daftar Isi)
Sampul.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
Artikel.pdf - Published Version

Download (202kB)
Official URL: http://www.dikti.go.id/wp-content/uploads/2012/10/...

Abstrak

Pendidikan merupakan keniscayaan untuk bekal hidup di masyarakat yang dalam praksisya bertumpu pada kurikulum. Praksis pembelajaran berbasis kurikulum tersembunyi menunjuk pada aktivitas pendidikan yang berupa penanaman nilai-nilai, dan norma yang berlaku di masyarakat (soft skills) yang dilaksanakan menyatu dalam kegiatan belajar-mengajar. Secara garis besar soft skill digolongkan ke dalam dua kategori: intrapersonal dan dan interpersonal skill. Praksis pembelajaran soft skills karena sifatnya tersembunyi, tujuan pembelajarannya tidak dirumuskan sebagaimana materi pelajaran (hard skills). Sehingga soft skillsdalam pembelajaranmerupakan sesuatu yang ada tapi bisa tidak ada karena tidak dirumuskan dan tidak terukur. Dengan kata lain praksis pembelajaran lebih berorientasi pada pembelajaran dengan tujuan penguasaan ilmu (hard skills) bukan pada pendidikan nilai (soft skills). Praksis pembelajaran berorientasi hard skills pada kenyataannya tidak didukung oleh temuan hasil penelitian bahwa faktor yang berperanan penting dalam menentukan keberhasilan hidup seseorang adalah soft skills: 85% (Depdiknas RI, 1999); 80% (Havard Uinversity).Temuan ini menunjukkan bahwa sumber daya manusia sekarang ini dalam kondisi lack of soft skills.Karena secara jelas praksis pembelajaran berorientasi hard skills hanya sedikit kontribusinya pada keberhasilan hidup seseorang maka sekarang saatnya praksis pembelajaran diubah menjadi berorientasi pada soft skills, dengan mengaktualkan aktivitas yang tersembunyi ke aktivitas nyata yang dirumuskan dalam setiap kompetensi pembelajaran.

Item Type: Book Section
Kata Kunci: Dekonstruksi, Pembelajaran, Kurikulum Tersembunyi
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Filsafat (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kurikulum
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mrs Noor Athiyah
Date Deposited: 02 Jul 2013 04:55
Last Modified: 02 Jul 2013 04:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item View Item