KUSUMASARI, NURMALA (2019) Penerapan model contextual teaching learning berbasis keunggulan lokal untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis siswa kelas v di sd 1 gulang. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (351kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (203kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (258kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan dan keterampilan proses pemecahan masalah saat pembelajaran matematika di SD 1 Gulang. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan CTL telah mencapai KKM, (2) menganalisis keterampilan proses pemecahan masalah siswa yang diajar dengan CTL telah mencapai KKM, (3) menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model CTL berbasis keunggulan lokal, dan (4) menganalisis peningkatan keterampilan proses pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model CTL berbasis keunggulan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi experimental design dengan bentuk one group pretest posttest dan dilaksanakan di kelas V SD 1 Gulang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model CTL berbasis keunggulan lokal sedangkan variabel terikatnya adalah pemecahan masalah. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan purposive sample. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi digunakan untuk mengamati keterampilan proses pemecahan masalah. Analisis data menggunakan uji ketuntasan belajar dengan one sample t test dan uji n-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model CTL berbasis keunggulan lokal dapat mencapai KKM 65, (2) hasil observasi keterampilan proses pemecahan masalah siswa dengan model CTL berbasis keunggulan lokal dapat mencapai KKM 65, (3) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V sebelum dan sesudah menggunakan model CTL berbasis keunggulan lokal, dan (4) terdapat peningkatan keterampilan proses pemecahan masalah siswa kelas V sebelum dan sesudah menggunakan model CTL berbasis keunggulan lokal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan dan keterampilan proses pemecahan masalah siswa kelas V SD 1 Gulang dengan model CTL berbasis keunggulan lokal. Saran dalam penelitian ini agar guru lebih lanjut mengembangkan keunggulan lokal dalam pembelajaran matematika sehingga siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Contextual Teaching Learning, Keunggulan Lokal, Pemecahan Masalah. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Sep 2020 02:41 |
Last Modified: | 12 Sep 2020 02:41 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12622 |
Actions (login required)
View Item |