Penerapan model inkuiri berbatuan media benda konkret untuk peningkatan hasil belajar pada tema 8 keselamatan di rumah dan perjalanan kelas ii

ASTUTIK, ERTI SARAH (2019) Penerapan model inkuiri berbatuan media benda konkret untuk peningkatan hasil belajar pada tema 8 keselamatan di rumah dan perjalanan kelas ii. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img] PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (695kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (236kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini yakni lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir dan keterampilannya. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan penerapan model Inkuiri berbantuan media Benda konkret pada tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan pada muatan Bahasa Indonesia dan Matematika di kelas II SD 1 Megawon. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan menggunakan rancangan model Kemmis dan Taggrat. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II dengan masing-masing siklus 3 pertemuan yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas II SD 1 Megawon yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 10 siswa putra dan 21 siswa putri. Fokus Penelitian ini adalah peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran Tema 8 dengan penerapan model Inkuiri berbantuan media benda konkret meningkat. Hasil pengetahuan siswa siklus I muatan Bahasa Indonesia sebesar 68 kriteria perlu bimbingan dan muatan Matematika sebesar 69 kriteria perlu bimbingan,siklus II mengalami kenaikan muatan Bahasa Indonesia sebesar 77 kriteria cukup dan muatan Matematika sebesar 69 kriteria baik. Persentase aktivitas belajar siswa siklus I yakni 65% dengan kriteria perlu bimbingan dan meningkat pada siklus II yakni 81% kriteria baik. Persentase keterampilan guru pada siklus I yakni 74% dengan kriteria baik, siklus II menjadi 84,5% dengan kriteria sangat baik.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas II SD 1 Megawon dapat dislimpulkan bahwa model Inkuiri berbantuan media benda konkret pada tema 8 dapat meningkatkan pengetahuan siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing 2 Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas; Hasil Belajar; Inkuiri; Keterampilan ; Media Benda Konret
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Sep 2020 02:06
Last Modified: 21 Sep 2020 02:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12674

Actions (login required)

View Item View Item