RIZQI, ELMA AYUNDA (2019) Penerapan model stad (student teams achievementdivision) berbantu media roda putar untuk meningkatkan hasil belajar siswakelas Iv tema 7 indahnya keragaman di Negeriku di sdn langenharjo 01. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
Hal.Judul.pdf - Accepted Version Download (811kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Download (197kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (179kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (72MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) berbantu media roda putar dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN Langenharjo 01. Hasil Belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah ada perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa saat proses pembelajaran. STAD adalah suatu model pembelajaran secara berkelompok, yang memiliki lima langkah dalam pembelajarannya mulai dari presentasi kelas, kerja kelompok, kuis, peningkatan nilai individu, penghargaan kelompok. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati dengan subjek penelitian adalah 17 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model STAD. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru menggunakan model STAD berbantu media roda putar pada siklus I diperoleh presentase 75%(cukup)menjadi 86,25%(baik)pada siklus II. Aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh presentase 66,19% (kurang)menjadi 80,72%(cukup) pada siklus II. Hasil belajar siswaranah penegetahuan muatan PPKn siklus I diperoleh presentase 74,40%(kurang)dan 82,90% (cukup) pada siklus II, sedangkan muatan Bahasa Indonesia siklus I diperoleh presentase 70,60% (kurang)dan 80,80% (cukup) pada siklus II. Hasil belajar ranah sikap siklus Idiperoleh presentase 60,86% (kurang)dan 75,74% (cukup) pada siklus II. Hasil belajar ranah keterampilan siklus I diperoleh presentase 71,57% (kurang) dan 84,81% (baik) pada siklus II untuk muatan PPKn, sedangkan muatan Bahasa Indonesia siklus I diperoleh presentase 64,91% (kurang) dan 77,43% (baik) pada siklus II. Bedasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Langenharjo 01 dapat disimpulkan bahwa penggunaan model STAD berbantu media roda putar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Santoso, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Ristiyani, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil belajar, STAD, Roda Putar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 04:34 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 04:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12682 |
Actions (login required)
View Item |