RAHMAN, BAGUS OKTAVIAN (2019) Peningkatan hasil belajar siswa pada tema 8 Daerah tempat tinggalku menggunakan Model pembelajaran talking stick Berbantuan media gambar kelas Iv sd 2 ploso kudus. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (485kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (226kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (272kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa tema 8 daerah tempat tinggalku menggunakan model pembelajaran Talking Stickberbantuan media gambar kelas IV SD 2 Ploso Jati Kudus. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melalui proses belajar dengan tiga aspek yaitu aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan. Model pembelajaran Talking Stickmerupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif melalui permainan tongkat berjalan. Dalam kegiatan pembelajaran ini dibantu dengan Media Gambar. Gambarmerupakan media yang menjelaskan kepada siswa mengenai rincian dari sebuah objek yang menjadi topik pembahasan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 2 PlosoJati Kudus yang berjumlah 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Variable terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Talking Stick dan media gambar. Adanya peningkatan keterampilan guru pada siklus I dengan nilai 78 persentase 72% kriteria baik meningkat ke siklus II dengan nilai 99 persentase 92% kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan aspek pengetahuan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 78 dengan persentase ketuntasan belajar 70% dengan kriteria baik, meningkat ke siklus II memperoleh nilai rata-rata 85 dengan persentase ketuntasan belajar 85% dengan kriteria sangat baik. Aspek keterampilan pada siklus 1 dengan persentase 74% dengan kriteria baik, meningkat ke siklus II dengan persentase 87% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stickberbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD 2 Ploso Jati Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Talking stick dan Media Gambar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Oct 2020 04:29 |
Last Modified: | 14 Oct 2020 04:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12715 |
Actions (login required)
View Item |