Students’ perceptions toward debate in academic speaking class to develop critical thinking (a case of undergraduate students at universitas muria kudus)

Sulistiyowati, Delvilliana Fibri (2019) Students’ perceptions toward debate in academic speaking class to develop critical thinking (a case of undergraduate students at universitas muria kudus). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (855kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
CHAPTER III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
CHAPTER V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
REFERENCES.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
APPENDICES.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Berpikir kritis merupakan kemampuan penting yang harus dikembangkan oleh mahasiswa, karena kemampuan berpikir kritis didefinisikan sebagai level tertinggi dalam kemampuan berpikir. Sedangkan, agar dapat terbiasa untuk berpikir kritis, kita harus membiasakan diri untuk berargument atau hanya mengekspresikan beberapa opini dari berbagai aspek. Dalam hal ini, debat merupakan salah satu cara yang baik. Namun, beberapa mahasiswa masih memiliki kesulitan untuk menginvestigasi informasi atau persoalan pada sudut pandang yang berbeda menggunakan analisis yang kritis pada dua sudut pandang. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan persepsi mahasiswa terhadap debat di kelas Academic Speakinguntuk mengembangkan pemikiran yang kritis. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif studi kasus. Metode itu untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap debat untuk mengembangkan pemikiran yang kritis. Peneliti mengumpulkan data melalui angket. Kemudian, data angket tersebut dibaca dan dianalisis, menghitung total dari respon mahasiswa pada tabel, mengkategorikan jawaban angket, menghitung data berdasarkan kategori kedalam persentase menggunakan rumus penghitungan persentase (Healesy, 2011:2) dan menginterpretasikan hasilnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap debat di kelas Academic Speakinguntuk mengembangkan pemikiran yang kritis adalah kelas debatdapat membantu mereka untuk mengetahui perbedaan antara fakta dan pendapat, belajar untuk memisahkan informasi kedalambeberapa bagian yang beraturan, mengurangi kesalahpahaman dan mempertimbangkan pemahaman dalam sudut pandang yang berbeda, belajar memiliki pemikiran yang terbuka dan menerima kritik yang beralasan, belajar untuk mencari beberapa pilihan dan alasan, dan menyadari bahwa persoalan tidak sekadar isu belaka. Mahasiswa mempercayai bahwa debat di kelas Academic Speaking dapat mengembangkan kemampuan berpikir mereka. Pada akhir penelitian ini, penulis menyarankan bahwa siswa harus meningkatkan motivasi mereka, agar menjadi seorang pemikir kritis yang baik. Meskipun mereka tidak menguasai debat, tetapi mereka harus mempelajarinya untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan pemikiran kritis mereka. Mereka tidak seharusnya berkata bahwa mereka tidak menyukai materi /pelajaran tersebut.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Dr. Ahmad Hilal Madjdi, M.Pd.., Pembimbing 2: Farid Noor Romadlon, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: persepsi mahasiswa; berpikir kritis; berlatih debat.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:51
Last Modified: 02 Nov 2020 04:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12807

Actions (login required)

View Item View Item