Peran Guru dalam Pengembangan Sikap Positif dan Internalisasi Nilai-nilai Luhur Melalui Teks Dongeng dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar

Fathurohman, Irfai (2013) Peran Guru dalam Pengembangan Sikap Positif dan Internalisasi Nilai-nilai Luhur Melalui Teks Dongeng dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL Peran Guru Bahasa Indonesiauntuk Mengoptimalkan Potensi Peserta Didik Dalam Kurikulum 2013. Unissula Press, pp. 97-110. ISBN 978-602-7525-45-0

[thumbnail of Sampul & Daftar Isi]
Preview
PDF (Sampul & Daftar Isi)
COVER_PENERBIT_DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (146kB)
[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
MAKALAH_UNISSULA.pdf - Published Version

Download (162kB)

Abstrak

Tujuan dalam makalah ini ada tiga, pertama memaparkan peran guru dalam pengembangan sikap positif kepada siswa. Kedut memaparkan internalisasi nilai-nilai luhur yang terdapat dalam teks dongeng Ketiga, mendeskripsikan pemahaman terhadap penjenisan teks naskah dongeng. Hasil dalam makalah ini yaitu, pertama peran guru dalam pengembangan sikap positif ditunjukkan dengan menggali informasi dari teks tentang kondisi alam, menyampaikan atau bercerita metalui bahasa Indonesia yang baik dan benar, penggunaan bahasa Indonesia secara lisan dan tulis, secara bersamaan mengaitkan benda-benda yang dijumpai di nanah, di sekolah, dan tempat bermain, memahami pengetahuan faktual pada teks dongeng, mengaitkan teks dongeng dengan kearifan dan budaya daerah, memberikan pemahaman bahwa tokoh dalam teks dongeng merupakan makhluk tiptaan tuhan yang bisa saja teijadi dalam kehidupan siswa. Kedua, internalisasi nilai-nilai luhur yang terdapat dalam teks dongeng terbagi menjadi dua nilai yaitu nilai personal yang berupa, perkembangan emosional, perkembangan intelektual, perkembangan imajinasi, pertumbuhan rasa sosial, pertumbuhan rasa etis dan religius; nilai pendidikan berupa eksplorasi dan penemuan, perkembangan bahasa, pengembangan nilai keindahan, penanaman wawasan multikultural, penanaman kebiasaan membaca. Ketiga, pemahaman terhadap penjenisan teks naskah dongeng terbagi menjadi dua yaitu dongeng klasik dan dongeng modern.

Item Type: Book Section
Kata Kunci: Peran Guru, Pengembangan Sikap Positif, Nilai-Nilai Luhur, Teks Dongeng, Kurikulum 2013 dan Sekolah Dasar.
Subjects: Bahasa dan sastra > Sastra (Umum) > Sejarah sastra > Sastra dongeng
Filsafat. Psikologi. Agama > Etika > Etika individu. Karakter. Kebajikan
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kurikulum
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Noor Athiyah
Date Deposited: 03 Jul 2013 03:44
Last Modified: 23 May 2014 03:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1281

Actions (login required)

View Item View Item