The effectiveness of monopoly game In teaching present continuous tense Of the eighth grade students at smp n 4 pati In academic year 2018/2019

KRISTANTI, MARIA DEWI (2019) The effectiveness of monopoly game In teaching present continuous tense Of the eighth grade students at smp n 4 pati In academic year 2018/2019. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. judul]
Preview
Text (Hal. judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Bab VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tata bahasa adalah pengetahuan dasar bahasa untuk memahami bahasa Inggris dengan sempurna. Bagi sebagian siswa yang belajar bahasa Inggris masih membosankan dan mendapatkan kesulitan dalam memahami tata bahasa terutama dalam pembelajaran present continuous tense. Jadi guru harus menemukan teknik baru untuk mengajarkan present continuous tense dan meningkatkan penguasaan siswa. Permainan monopoli adalah salah satu teknik yang digunakan untuk membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan siswa akan present continuous tense. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara penguasaan siswa terhadap siswa kelas VIII SMPN 4 Pati pada tahun akademik 2018/2019 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan permainan monopoli. Desain dari penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan desain satu grup untuk pre-test dan post-test. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Pati, yang dilakukan pada kelas VIII-B dan jumlah siswa adalah 25. Sampel penelitian ini menggunakan random sampling dan instrument penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata penguasaan siswa sebelum diajarkan dengan menggunakan permainan monopoli adalah 57,28 dan standar deviasi adalah 11,62. Oleh karena itu, nilai rata-rata penguasaan siswa setelah diajarkan dengan menggunakan permainan monopoli adalah 77,82 dan standar deviasi adalah 7,23. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan T-Test yang menunjukkan tingkat signifikansi (α) adalah 0,05, derajat kebebasan (df) adalah 24, t(obtained) adalah 7,27 dan t(critical) adalah ± 2,064. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima karena t (obtained) jatuh di wilayah kritis. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara penguasaan siswa akan Present Present Continuous Tense dari kelas VIII SMPN 4 Pati pada tahun akademik 2018/2019 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan permainan monopoli. Jadi, penulis menyimpulkan bahwa permainan monopoli adalah teknik yang efektif untuk mengajar siswa dan meningkatkan penguasaan siswa dari Present Continuous Tense dari siswa kelas VIII SMPN 4 Pati pada tahun akademik 2018/2019. Penulis ingin memberikan saran: (1) Bagi siswa, mereka disarankan untuk menerapkan permainan monopoli ketika mereka belajar tentang Present Continuous karena itu merupakan teknik yang efektif untuk memahami materi dengan mudah, menarik, dan aktif dalam proses pembelajaran. (2) Untuk Guru Bahasa Inggris, mereka disarankan untuk menerapkan Permainan Monopoli sebagai teknik alternative dalam mengajar Present Continuous Tense. (3) Untuk Peneliti Selanjutnya, penulis menyarankan bahwa hasil teknik ini dapat digunakan sebagai referensi tambahan untuk penelitian selanjutnya dengan sampel dan kesempatan yang berbeda.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1: Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M.Pd., pembimbing 2: Mutohhar, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Mengajar Present Continuous dan Permainan Monopoly.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:09
Last Modified: 03 Nov 2020 03:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12827

Actions (login required)

View Item View Item