Peningkatan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model cps (creative problem solving) berbantuan media kartu bergambar pada kelas iv tema 9 kayanya negeriku di sd n 1 gondoharum

SARI, LIA ARISTIANA (2019) Peningkatan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model cps (creative problem solving) berbantuan media kartu bergambar pada kelas iv tema 9 kayanya negeriku di sd n 1 gondoharum. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, keterampilan mengajar guru dan aktivitas siswa kelas IV SD N 01 Gondoharum pada proses pembelajaran Tema 9 Kayanya Negeriku Muatan IPS dan Bahasa Indonesia melalui penerapan model CPS (Creative Problem Solving) berbantuan media kartu bergambar. Berpikir kreatif adalah suatu bentuk pemikiran untuk menemukan jawaban, metode atau cara-cara yang baru dalam menaggapi suatu pesoalan untuk memecahkan masalah. Model CPS (Creative Problem Solving) adalah model pembelajaran yang akan melatih siswa dengan tahap penyelesaian yang bervariasi dan memancing siswa untuk mampu berpikir secara lebih luwes, lebih merinci, untuk menemukan gagasan-gagasan terbaru dengan keaslian pemikiran yang di miliki. Strategi pembelajaran yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan kartu bergambar untuk menyampaikan pendapatnya, pertanyaannya melalui lisan ataupun tulis tentang gambar yang didapatkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD N 01 Gondoharum peneliti sebagai guru dengan subjek siswa kelas IV berjumlah 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah model CPS (Creative Problem Solving) berbantuan media kartu bergambar, sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran. kemampuan berpikir kreatif siswa pada muatan Bahasa Indonesia memperoleh rata-rata siklus I 57,6 dengan persentase ketuntasan 42,10%, siklus II dengan rata-rata 72 mencapai persentase ketuntasan klasikal 78,9%. Muatan IPS mencapai persentase ketuntasan sebesar 84,2% siklus I mencapai rata-rata 66,6 dengan persentasen ketuntasan klasikal 57,8% dan siklus II dengan rata-rata 75,7 dan persentase ketuntasan klasikal84,2%. Keterampilan mengajar guru Siklus I sebanyak 82 dengan dan siklus II mencapai nilai 93. Aktivitas siswa siklus I dengan ketuntasan klasikal 89,47%, kemudian pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SD N 01 Gondoharum, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) berbantuan media Kartu Begambar dapat meningkatkan, kemampuan berpikir kretaif siswa, keterampilan mengajar guru dan aktivitas siswa pada proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model CPS, mediakartu bergambar, kemampuan berpikir kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:00
Last Modified: 03 Nov 2020 03:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12828

Actions (login required)

View Item View Item