The problems faced by the teachers in teaching english by using literature in islamic high schools of kudus

ULYA, AROFATUL (2019) The problems faced by the teachers in teaching english by using literature in islamic high schools of kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. judul]
Preview
Text (Hal. judul)
COVER.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
CHAPTER III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
CHAPTER V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
REFERENCES.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
APPENDICES.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Kesusastraan adalah materi yang sesuai untuk mengajar Bahasa Inggris karena kesusastraan mampu membentuk soft skill siswa. Dengan belajar menggunakan kesusastraan, siswa memiliki bekal untuk menghadapi kehidupan nyata. Pengetahuan siswa tentang banyak hal seperti kebudayaan, kepribadian, tradisi, dan lainnya, juga dapat meningkat dengan belajar menggunakan kesusastraan. Bagaimanapun, untuk mendapatkan manfaat kesusastraan, guru di Kudus menghadapi banyak kesulitan. Diperlukan adanya usaha untuk menemukan masalah tersebut dan jalan untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan kesusastraan dapat berjalan secara ideal. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian dekskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan meminta guru di Kudus untuk mengisi kuesioner tentang masalah yang dihadapi guru. Setelah itu, peneliti menawarkan jalan untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara menganalisis data temuan dan data dari kajian pustaka pada bab dua. Peneliti yakin data yang ditemukan valid karena banyak penelitian sebelumnya yang menunjukkan permasalahan yang hampir sama. Penelitian ini menunjukkan, terdapat dua permasalahan utama dan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Masalah internal berasal dari guru itu sendiri, yang meliputi guru tidak punya latar belakang dan pelatihan dalam mengajar kesusastraan, tidak tahu tujuan pengajaran kesusastraan secara jelas, dan kurang tertarik dengan kesusastraan. Peneliti menyarankan agar guru meningkatkan pengetahuan mereka dalam bidang kesusastraan, mengembangkan kemampuan mengajar mereka, dan memegang komitment sebagai pengajar. Masalah eksternal berasal dari siswa, sumber bahan ajar, dan lainnya, yang meliputi lemahnya kompetensi siswa bila dihadapkan dengan kesusastraan, penggunaan metode pembelajaran yang tidak sesuai, kesusasteraan membutuhkan fokus yang tinggi, dan aspek teknis dalam proses pembelajaran. Peneliti menawarkan agar guru memotivasi siswa, menggunakan metode pembelajaran yang relevan, menggunakan sumber yang relevan, serta mengkategorikan materi berdasarkan fungsinya untuk siswa agar pembelajaran tidak membuang banyak waktu. Peneliti begitu berharap agar penelitian ini dapat berguna untuk guru bahasa Inggris, terutama untuk guru bahasa Inggris di Kudus, sebagai referensi untuk memberikan materi kesusastraan secara ideal, sehingga siswa mendapatkan manfaat yang sesuai dari mempelajari bahasa Inggris menggunakan kesusastraan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Dr. Fitri Budi Suryani, M.Pd. pembimbing 2: Aisyah Ririn Perwikasih Utari, S.S., M.Pd
Kata Kunci: Kesusastraan, Masalah, Mengatasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:46
Last Modified: 03 Nov 2020 03:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12836

Actions (login required)

View Item View Item