The ability of writing descriptive text of the seventh grade students of mts nu miftahul falah cendono dawe kudus taught by using video clip in academic year 2019/2020

PRAMAISELA, DIAN NOVA (2019) The ability of writing descriptive text of the seventh grade students of mts nu miftahul falah cendono dawe kudus taught by using video clip in academic year 2019/2020. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. judul]
Preview
Text (Hal. judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (857kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
CHAPTER III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
CHAPTER V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
REFERENCES.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Dalam Bahasa Inggris ada empat kemampuan yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Murid-murid harus menguasai keempat kemampuan tersebut, jadi mereka dapat berbahasa Inggris secara aktif. Sebagai salah satu kemampuan dalam Bahasa Inggris, Menulis merupakan salah satu kompetensi dalam proses pembelajaran terutama bahasa inggris. Pengajaran menulis harus mencapai tujuan kurikulum, yang mana siswa mampu menulis menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, mengajar berbahasa Inggris agak sulit daripada keterampilan lainnya karena siswa sering merasa takut membuat kesalahan untuk menulis. Kondisi ini terjadi di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Mengingat hal tersebut, guru bahasa inggris harus menerapkan media yang tepat. Oleh karena itu, guru bahasa inggris harus menggunakan media yang tepat untuk melatih siswa sehingga mereka mampu menulis bahasa inggris secara aktif. Menggunakan video clip sebagai media dalam proses belajar mengajar diharap dapat merangsang minat siswa dalam kebiasaan menulis dan dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuannya dalam hal menulis. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis menggunakan video klip. Penelitian ini akan memberikan beberapa informasi yang bermanfaat tentang pengajaran menulis menggunakan video akan menjadi lebih menarik bagi siswa untuk menulis dengan menggunakan bahasa tubuh. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimental. Penulis melakukan penelitian sebelum meneliti untuk memecahkan masalah penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Penulishan yang ambil satu kelas (VII H) dengan memilihnya secara acak. Alat penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pre dan post test dengan format tes menulis. Kemudian, penulis mengidentifikasi dan menganalisis dengan teliti, secara komplit dan secara sistematis berdasarkan perhitungan statistik untuk mendapatkan hasil yang baik. Data analisis menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks deskriptif untuk murid kelas tujuh MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus sebelum diajar menggunakan media video klip dikategorikan rendah, skor minimum adalah 50, skor maksimum adalah 92, dengan nilai rata-rata 65, dan standard deviasi 11.129. Sementara itu, kemampuan menulis teks deskriptif untuk murid kelas tujuh MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus setelah diajar menggunakan media video klip dikategorikan sangat baik, skor minimum adalah 65, skor maksimum adalah 98, dengan nilai rata-rata 86.25, dan standard deviasi 8.588. Oleh Karena itu, nilai rata-rata kemampuan menulis teks deskriptif untuk murid kelas tujuh MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus setelah diajar menggunakan media video klip lebih tinggi daripada kemampuan menulis teks deskriptif untuk murid kelas tujuh MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus sebelum diajar menggunakan media video klip. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan para guru Bahasa Inggris harus menentukan media yang bagus untuk menarik minat siswa dalam belajar. Penulis menyarankan media video klip sebagai salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif untuk murid kelas tujuh MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Karena media video klip dapat membantu siswa untuk mendapatkan ide-ide.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1: Nuraeningsih, S.Pd, M.Pd, Pembimbing 2:Aisyah Ririn Perwikasih Utari, S.S, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis Bahasa Inggris, Video klip, Tokoh Terkenal.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Nov 2020 01:51
Last Modified: 04 Nov 2020 01:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12850

Actions (login required)

View Item View Item