Teaching english vocabulary to primary school students by using “kotak pos” game

KARINATI, KARINATI (2019) Teaching english vocabulary to primary school students by using “kotak pos” game. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. judul]
Preview
Text (Hal. judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penguasaan kosakata adalah salah satu komponen penting yang harus dikuasai oleh siswa dari sekolah dasar hingga universitas untuk menguasai bahasa Inggris Sesuai dengan karakter siswa yang seorang anak dan kurikulum sekolah yang meminta anak mampu mengerti makna bacaan dan untuk memungkinkan siswa berkomunikasi, maka mengajar penguasaan kosa kata bahasa Inggris akan efektif jika menggunakan metode, media dan strategi. Menggunakan permainan “Kotak Pos” ini diharapkan mampu mendorong siswa tertarik pada kosa kata bahasa Inggris dan menikmati kelas. Di penelitian ini, digunakan untuk mengetahui kefektifan mengajar penguasaan kosa kata bahasa Inggris menggunakan permainan “Kotak Pos” kepada murid kelas lima di SD N Banyuurip 02 Pati dalam tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental tanpa menggunakan kontrol grup. Peneliti menentukan siswa kelas lima di SD N Banyuurip 02 Pati sebagai populasi dan mengambil kelas lima sebagai sampel. Data hasil penelitian ini diambil dari hasil tes pilihan ganda. Pada pre-test , rata-ratanya adalah 52.05 dan stadndar deviasinya 15.5, sedangkan pada post-test rata-ratanya adalah 83.5 dan standar deviasinya 7.4. Untuk uji hipotesisnya diperoleh 12.91 sedangkan t criticalnya adalah 2.093. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan “Kotak Pos” adalah sebuah strategi yang efektif untuk mengajar kosakata bahasa Inggris di kelas lima di SD N Banyuurip 02 Pati tahun ajaran 2019/2020. Maka dari itu, peneliti memiliki saran bahwa guru akan menjadi lebih baik jika menggunakan permainan “Kotak Pos” dalam mengajar kosakata. Jadi siswa dapat menghafal dengan mudah dan permainan “Kotak Pos” juga membantu meningkatkan motivasi siswa bahasa Inggris nyaman dikelas dan tidak merasa bosan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1: Dr.Sri Endang Kusmaryati, M.Pd Pembimbing 2: Mutohhar, S.pd, M.Pd
Kata Kunci: Penguasaan Kosa Kata, Permainan “Kotak Pos”
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:05
Last Modified: 04 Nov 2020 03:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12853

Actions (login required)

View Item View Item