Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model think pair share Berbantuan media question card pada Tema peristiwa dalam kehidupan Kelas v sd 3 kandangmas kudus

HANDAYANI, NANIK (2019) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model think pair share Berbantuan media question card pada Tema peristiwa dalam kehidupan Kelas v sd 3 kandangmas kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (870kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media Question Card dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru pada tema peristiwa dalam kehidupan kelas V SD 3 Kandangmas. (2) Menjelaskan penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media Question Card dalam meningkatkan aktivitas siswa kelas V SD 3 Kandangmas. (3) Menjelaskan penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media Question Card dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD 3 Kandangmas. Berpikir kritis merupakanproses berpikir mengenai hal, substansi atau masalah apa saja dimana seseorang meningkatkan kualitas pemikirannya yang bertujuan untuk mencapai sebuah pemahaman yang mendalam. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share adalah model pembelajaran yang terdiri dari tiga tahapan yaitu think (berpikir) yaitu memikirkan pertanyaan atau permasalahan yang diberikan, lalu pair (berpasangan) yaitu saling mendiskusikan pemecahan permasalahan atau pertanyaan yang ada, lalu share (berbagi) yaitu mengungkapkan hasil pendiskusian yang telah di diskusikan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 3Kudus dengan subjek penelitian 28siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas adalah model Think Pair Share berbantuan media Question Card. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis data kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru pada siklus I persentase 72,75(baik) meningkat pada siklus II dengan persentase 84,85(sangat baik), dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase 80% (baik) dan meningkat pada siklus II dengan Persentase 89% (baik). Peningkatan kemampuanberpikir kritis siswa juga meningkat pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 77,5 dengan persentase 75% (cukup) dan meningkat padasiklus II denganrata-rata nilai 83,25 dengan persentase 89% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 3Kandangmas Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD 3Kandangmas Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S.Pd. M.Pd Pembimbing 2 Ristiyani, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Berpikir Kritis Siswa, Think Pair Share, dan Question Card
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Nov 2020 05:38
Last Modified: 07 Nov 2020 05:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12933

Actions (login required)

View Item View Item