Sari, Yulia (2019) Penerapan model creative problem solving berbantuan baltesil untuk peningkatan berpikir kreatif pada tema 7 indahnya keragaman negeriku kelas iv Sdn 03 kayen pati. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (873kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (270kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (129kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (35MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, keaktifan siswa, dan peningkatan berpikir kretif siswa melalui model pembelajaran Creative Problem Solvingatau CPS berbantuan media permainanBaltesilpada tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku kelas IV SDN 03 Kayen. Berpikir Kreatif merupakan suatukebiasaandaripikiran yang dilatihdenganmenghidupkanimajinasi, membuatsudutpandang yang menakjubkandanmembangkitkan ide-ide yang tidakterduga. Creative Problem Solvingmerupakan suatumodel pembelajaran yang ketika dihadapkan dengan suatu masalah siswa dapat melakukan keterampilan memecahkan masalah untuk memilih dan mengembangkan tanggapannya, tidak hanya menghafal tanpa berpikir, keterampilan memecahkan masalah memperluas proses berpikir. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran CPS berbantuan Baltesil dapat meningkatkan keterampilan guru, keaktifansiswa serta berpikir kreatif siswa kelas IV SDN 03 Kayen pada tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku. Penelitian tindakan kelas ini akandilaksanakan di kelas IV SDN 03 Kayen dengan subjek penelitian berjumlah 18 siswa. Penelitian iniberlangsungdalamduasiklus, Variabelterikatpadapenelitianiniyaituberpikirkreatifsedangkanvariabelbebasnyayaitu model pembelajaranCreative Problem Solving danBaltesil, HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatanberpikirkreatifsiswaaspekPengetahuansiklus I mencapainilai rata-rata 68,11danmengalamipeningkatanpadasiklus II mencapainilai rata-rata 71,17. BerpikirkreatifsiswaaspekKeterampilanpadasiklus I memperolehnilai rata-rata 76,66meningkatpadasiklus II mencapainilai 86,11. Keaktifansiswapadasiklus I memperolehnilai rata-rata 76 danmeningkatpadasiklus II dengannilai rata-rata 89,41. Keterampilan guru juga mengalamipeningkatanpadasiklus I mencapaiskor 75 meningkatpadasiklus II mencapaiskor 86. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SDN 03 Kayendapatdisimpulkanbahwapenerapan model Creative Problem SolvingberbantuanBaltesildapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswapadatema 7 IndahnyaKeragamanNegerikukelas IV SDN 03 Kayen. Olehkarenaitu, disarankanDalammenerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuanBaltesil guru lebihinovatifdalammeningkatkanpartisipasidanantusiassiswadalampembelajaran
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Imaniar Purbasari, M.Pd. Dr. Irfai Fathurrahman, M.Pd. |
Kata Kunci: | Creative Problem Solving, Baltesil, BerpikirKreatif. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 06:09 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 06:09 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12955 |
Actions (login required)
View Item |