Dampak pelaksanaan alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian di kecamatan margorejo kabupaten pati berdasarkan peraturan daerah kabupaten pati nomor 5 tahun 2011 tentang rencana tata ruang wilayah kabupaten pati tahun 2010-2030

Rohadi, Edwiana Puspitasari (2020) Dampak pelaksanaan alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian di kecamatan margorejo kabupaten pati berdasarkan peraturan daerah kabupaten pati nomor 5 tahun 2011 tentang rencana tata ruang wilayah kabupaten pati tahun 2010-2030. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (983kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (753kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview

Abstrak

Skripsi yang berjudul “Dampak Pelaksanaan Alih Fungsi Lahan Pertanian ke Non Pertanian di Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pati Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pati Tahun 2010-2030” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian di Kabupaten Pati serta mengetahui dampak yang terjadi dalam pelaksanaan pelaksanaan alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian di Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2011tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pati tersebut. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Dari hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian di Kabupaten Pati dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Pati untuk mengeluarkan Pertimbangan Teknis Pertanahan dalam rangka Izin Perubahan Penggunaan Tanah dan peta-peta terkait yang ditandatangani oleh Kepala Kantor kemudian melanjutkan proses ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pati untuk menerbitkan Surat Keputusan Izin Perubahan Penggunaan Tanah yang ditandatangani oleh Kepala Dinas dan secara normatif Pertimbangan serta Surat Keptutusan digukan untuk merubah status di sertipikat yang sebelumnya menyebut lahan tersebut tanah pertanian diganti atau dicoret menjadi tanah non pertanian. Pelaksanaan alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian tersebut menimbulkan dampak, penulis secara spesifik meneliti dampak tersebut di Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Dikarenakan wilayah Kecamatan Margorejo dari tahun 2015-2019 mengalami peningkatan izin perubahan penggunaan tanah pertanian ke non pertanian, dan alih fungsi tanah pertanian sangat pesat di daerah tersebut. Dampak yang terjadi berupa pengurangan lahan pertanian di Kecamtan Margorejo, banyaknya buruh tani kehilangan pekerjaan atau beralihnya pekerjaan menjadi buruh pabrik, serta munculnya lahan tidur ketika tanah tersebut sudah mulai dialih fungsikan sedangkan perizinan belum dilaksanakan atau tidak dapat dialihkan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pati Nomor 5 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pati Tahun 2010-2030.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Subarkah, S.H., M.Hum. Kristiyanto, S.H., M.H
Kata Kunci: Alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian, Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pati
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Dec 2020 02:54
Last Modified: 30 Dec 2020 02:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13011

Actions (login required)

View Item View Item