Strategi peningkatan pendapatan asli desa melalui bumdes bank sampah tempat pengelolaan sampah reuse, reduce, dan recycle (tps3r) resik apik di desa kajen kecamatan margoyoso kabupaten pati

FADZELI, ARIS (2020) Strategi peningkatan pendapatan asli desa melalui bumdes bank sampah tempat pengelolaan sampah reuse, reduce, dan recycle (tps3r) resik apik di desa kajen kecamatan margoyoso kabupaten pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (176kB) | Preview

Abstrak

Penelitian yang berjudul bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan strategi peningkatan pendapatan asli desa melalui BUMDes Bank Sampah TPS3R Resik Apik di Desa Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati dan pemanfaatan aset desa BUMDes Bank Sampah TPS3R Resik Apik di Desa Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati dapat meningkatkan pendapatan asli desa. Metode dalam penulisan tesis ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, yang artinya penelitian ini dikaji dengan melihat penemuan fakta-fakta di lapangan yang dijadikan dasar oleh penulis sebagai data yang diperoleh dari lapangan sesuai dengan kenyataan yang ada, penulisan ini bersifat deskriptif analitis. Permasalahan penelitian ini dianalisis dengan teori keadilan dan kemanfaatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa strategi BUMDes TPS3R Resik Apik dalam mengoptimalkan Pendapatan Asli Desa adalah dengan menambah modal BUMDes tiap tahun dengan harapan usahanya bisa lebih maju dan menghasilkan serta mendukung BUMDes yang bekerjasama dengan desa/ instansi lain dalam memperluas jaringan agar keuntungannya meningkat yang secara otomatis menambah peningkatan PADes.Pemanfaatan aset desa BUMDes Bank Sampah TPS3R Resik Apik di Desa Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati dapat meningkatkan pendapatan asli BUMDes dapat dilihat dari peningkatan pendapatan BUMDes pada tahun 2018 belum begitu signifikan dari tahun 2018 pendapatan sebesar Rp. 93.000.000,- (sembilan puluh tiga juta rupiah) dan kontribusi terhadap PADes sebesar Rp. 7.500.000,- (tujuh juta lima ratus ribu rupiah). Pada tahun 2019 pendapatan BUMDes meningkat signifikan setelah didirikannya taman yang dilengkapi kolam renang yang mampu menyerap pendapatan sebesar Rp. 250.000.000,- (dua ratus lima puluh juta rupiah) dan berkontribusi ke PADes sebesar Rp. 66.000.000 (enam puluh enam juta rupiah). Hal ini sangat bermanfaat bagi desa karena semula sampah yang mengganggu lingkungan sekarang sampah mendapatkan penghasilan untuk menambah PADes.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Suparnyo,S.H.,MS. Pembimbing 2 Dr. Subarkah. S.H.,M.Hum.
Kata Kunci: Pendapatan Asli Desa, Bumdes, TPS3R Resik Apik
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jan 2021 02:30
Last Modified: 02 Jan 2021 02:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13022

Actions (login required)

View Item View Item