Analisis Integritas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS)Terhadap Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pada Pemilihan Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Kudus

Minan, Moh Wahibul (2020) Analisis Integritas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS)Terhadap Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pada Pemilihan Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (605kB) | Preview

Abstrak

Judul tesis“Analisis Integritas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Terhadap Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pada Pemilihan Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Kudus”ini dilatarbelakangi karena banyaknya permasalahan yang terjadi pada pemilu tahun 2019 di Kabupaten Kudus, khususnya menyangkut integritas KPPS dan PTPS pada tahapan persiapan dan pelaksanaan pemungutan serta penghitungan suara di tingkat TPS. Dinamika persoalan tersebut berdampak pada ketidakpuasan tiga perserta pemilu untuk calon anggota DPRD Kabupaten Kudus periode 2019-2024 sehingga berujung pada PHPU yang diajukan di Mahkamah Konstitusi (MK). Penelitian ini mempertanyakan dan mengungkap tentang integritas KPPS dan PTPS di Kabupaten Kudus pada pemilihan legislatif tahun 2019 serta apakah integritas KPPS dan PTPS menjadi salah satu penyebab terjadinya PHPU yang diajukan di Mahkamah Konstitusi (MK) oleh 3 (tiga) peserta pemilu 2019 di Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris dan pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara. Adapun fokus lokasi penelitian adalah di Kabupaten Kudus dengan metode secara acak. Hasil pengolahan datanya disajikan dalam bentuk diskriptif kualitatif dan wawancara. Sedangkan data sekunder berpedoman pada interpretasi perundang-undangan dan putusan MK terkait PHPU Pemilu 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integritas KPPS dan PTPS dalam menjalankan tugas dan kewajibannya masih belum maksimal dan terdapat berbagai persoalan dalam penyelenggaraan Pemilu 2019, sehingga memicu munculnyapermohonan PHPU pada Pemilihan Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Kudus yang ajukan oleh Agus Wariono dari Partai Gerindra, Bambang Kasriono dari Partai Amanat Nasional, dan H. Agus Setyobudi, S.E, MM., dari Partai Hanura.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Subarkah, S.H., M.Hum., Pembimbing 2 Dr. Suparnyo, S.H., M.S.,
Kata Kunci: Integritas, Pemilihan Legislatif, KPPS, PTPS, PHPU.
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jan 2021 02:54
Last Modified: 02 Jan 2021 02:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13023

Actions (login required)

View Item View Item