implementasi kebijakan dana desa pada penetapan apbdesa berdasarkan peraturan bupati demak nomor 2 tahun 2019 dalam rangka pengentasan kemiskinan

FARIZ, RIFQI FAJRUL (2020) implementasi kebijakan dana desa pada penetapan apbdesa berdasarkan peraturan bupati demak nomor 2 tahun 2019 dalam rangka pengentasan kemiskinan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (590kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (649kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (425kB) | Preview

Abstrak

Penelitian dengan judul Implementasi Kebijakan Dana Desa Pada Penetapan APBDesa Berdasarakan Peraturan Bupati Demak Nomor 2 Tahun 2019 Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan dilatarbelakangi masalah kemiskinan yang sebagian besar berada di desa. Undang-UndangDesa memperjelas tugas, peran dan fungsi desa dalam mengelola desa untukmengurangikemiskinan dan mewujudkankesejahteraan masyarakat. Program dana desa yang setiap tahun meningkat ternyata tidak dapat menurunkan angka kemiskinan secara signifikan di Kabupaten Demak. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Demak mengeluarkan aturan penggunaan dana desa tahun 2019 dalam pengentasan kemiskinan yang wajib diakomodir dalam APBDesa tahun 2019. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami implementasi penganggaran dana desa pada penetapan APBDesa tahun 2019 dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kecamatan Wonosalam dan memahami optimalisasi dana desa untuk pengurangan kemiskinan di Kecamatan Wonosalam. Metodependekatan yang digunakanpenulisadalahyuridisempirisdenganpengambilan data dilakukandenganmenggunakanpedomanwawancara dan studi kepustakaandenganlokasipenelitian di Kecamatan WonosalamKabupatenDemak dan analisis data dalam bentukdeskriptifkualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi penganggarandana desapadapenetapan APBDesatahun 2019 dalamrangkapengentasankemiskinandiKecamatanWonosalam tidak sepenuhnya dapat mengakomodir Peraturan Bupati Demak Nomor 2 Tahun 2019. Optimalisasi dana desa untuk pengurangan kemiskinan di Kecamatan Wonosalam dilakukan beberapa upaya yang dilakukan yaitu : membuat surat edaran penyusunan RKPDesa tahun 2020, pemutakhiran data IDM tahun 2019, sosialisasi pemutakhiran BDT, pelatihan aplikasi siskeudes, pemberian surat edaran tentang pagu sementara alokasi dana transfer dan sosialisasi draft raperbup dana desa tahun 2020.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Subarkah, S.H, M.Hum Pembimbing 2 Dr. Dra. Sulistyowati, S.H, C.N
Kata Kunci: kemiskinan, dana desa, kebijakan, APBDesa
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jan 2021 03:02
Last Modified: 02 Jan 2021 03:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13024

Actions (login required)

View Item View Item