Penerapan model think pair share berbantuan explosion box untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 6 cita-citaku kelasiv Sd 4 karangbener kudus

WIDYASARI, WIDYASARI (2020) Penerapan model think pair share berbantuan explosion box untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 6 cita-citaku kelasiv Sd 4 karangbener kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Ha Depan]
Preview
Text (Ha Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (546kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan keterampilan mengajar guru setelah diterapkan model pembelajaran Think Pair Share dengan berbantuan media Explosion Box pada kelas IV SD 4 Karangbener tema 6 Cita-Citaku muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS. (2) Mendeskripsikan penerapan model Think Pair Share berbantuan Explosion Box untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 Cita-Citaku kelas IV SD 4 Karangbener muatan Bahasa Indonesia dan IPS. Hasil belajar merupakan suatu hasil yang diperoleh siswa setelah dilakukannya proses pembelajaran. Penerapan model Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang bertujuan memberikan siswa waktu untuk berpikir dan saling bantu satu sama lain, sehingga peserta didik tidak hanya mendapatkan pengetahuan tetapi melatih siswa dalam berpendapat dan saling membantu. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IV SD 4 Karangbener dapat meningkat dengan menggunakan model Think Pair Share berbantuan Explosion Box. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 4 Karangbener dengan subyek penelitian 19 siswa.Penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Tes diuji validasinya menggunakan expert judgment.Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa dan keterampilan guru pada tema 6 Cita-Citaku.Peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan muatan Bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh 68, 42% dan siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan ketuntasan 84,21%. Muatan IPS pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 57,89% dan siklus II memperoleh 73,68%. Pada keterampilan guru mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh 72% dengan kualifikasi baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan 83,5% dengan kualifikasi sangat baik. berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan pada siswa kelas IV SD 4 Karangbener, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Think Pair Share berbantuan Explosion Box dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Think Pair ShareExplosion Box
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 03:22
Last Modified: 05 Jan 2021 03:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13041

Actions (login required)

View Item View Item