Penerapan modelstudent teams achievement division (stad) berbantuan media gambar untuk meningkatkan Hasil belajar siswa kelas iv tema 7 indahnya Keragaman muatan bahasa indonesia Dan ips di sd 3 jurang

Abdilah, Ganda Noor (2020) Penerapan modelstudent teams achievement division (stad) berbantuan media gambar untuk meningkatkan Hasil belajar siswa kelas iv tema 7 indahnya Keragaman muatan bahasa indonesia Dan ips di sd 3 jurang. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (650kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterampilan mengajar guru, serta peningkatan hasil belajar siswa pada tema 7 Indahnya Keragamandi Negeriku siswa kelas IV dengan penerapan model Student Teams Achievement Division(STAD) berbantuan media gambar. Hasil belajar merupakan hasil yang telah dicapai siswa yang meliputi aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan guna mengetahui sejauh mana materi yang sudah diajarkan diterima oleh siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Model pembelajaranStudent Teams Achievement Division(STAD) merupakan model pembelajaran dengan empat tahapan yang pertama pengajaran guru menyampaikan materi pembelajaran, tahap kedua tim studi pada tahap ini semua anggota kelompok bekerja sama, yang ketiga tahap tes secara individual siswa mengerjakan soal kuis dari guru, tahap keempat memberikan penghargaan pada kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD 3 Jurang Kudus mengambil sampel siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa.Variabel bebas adalah model pembelajaranStudent Teams Achievement Division(STAD) sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. penelitian ini dilakukan selama 4 kali pertemuan pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terjadi peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada tema 7 Indanya Keragaman di Negeriku. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 70% (Baik) dan pada siklus II sebesar 85% (Sangat Baik). Hasil aktivitas belajar siswa pada muatan pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SD 3 Jurang dengan persentase aktivitas belajar siswa siklus I dengan persentase 72% (Baik), siklus II meningkat dengan persentase 80% (Sangat Baik). Hasil belajar siswa dari prasiklus yaitu 56% (Perlu Bimbingan), kemudian setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 72% (Cukup), dan meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 91% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan di kelas IV SD 3 Jurang, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Teams Achievement Division(STAD) berbantuan media gambardapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 3 Jurang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Santoso, S.Pd.,M.Pd Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model PembelajaranStudent Teams Achievement Division (STAD), Media Gambar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 03:29
Last Modified: 05 Jan 2021 03:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13043

Actions (login required)

View Item View Item