Peningkatan hasil belajar tema 5 menggunakan model pembelajaran role playing berbantuan media wayang kertas pada siswa kelas iv sd negeri 1 bakalan

AGUSTINA, ZULIANA (2020) Peningkatan hasil belajar tema 5 menggunakan model pembelajaran role playing berbantuan media wayang kertas pada siswa kelas iv sd negeri 1 bakalan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (631kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan model pembelajaran role playing berbantuan media wayang kertas dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran tema 5 di SD N 1 Bakalan dan (2) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran role playing berbantuan media wayang kertas pada pembelajaram tema 5 di SD N 1 Bakalan.Model pembelajaran role playing merupakan kegiatan belajar mengajar yang diperankan oleh peserta didik dalam memperagakan tokoh-tokoh yang terdapat pada materi pembelajaran.Media pembelajaran wayang kertas merupakan media pembelajaran yang terbuat dari kertas berbentuk tokoh-tokoh yang terdapat pada materi pembelajaran tersebut. Media pembelajaran wayang kertas dalam penelitian ini adalah tokoh-tokoh pahlawan nasional sesuai tema 5 “pahlawanku”. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas IV SD N 1 Bakalan dengan subyek penelitian guru dan 29 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru dari siklus I sebesar 71,25% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,87%. Hasil belajar ranah pengetahuan muatan Bahasa Indonesia dari siklus I sebesar 37,39% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,20%. Hasil belajar ranah pengetahuan muatan IPS dari siklus I sebesar 44,82% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,31%. Hasil belajar ranah keterampilan muatan Bahasa Indonesia dari siklus I sebesar 51,72% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,75%. Hasil belajar ranah keterampilan muatan IPS dari siklus I sebesar 48,27% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,75%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran role playing berbantuan media wayang kertas dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Bakalan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Masturi, MM, Pembimbing 2 Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Role Playing, Media Wayang Kertas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 03:37
Last Modified: 05 Jan 2021 03:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13044

Actions (login required)

View Item View Item