Penerapan model pembelajaran numbered headtogetheruntuk meningkatkan berpikir kreatif Siswapada tema 6 cita-citaku siswa kelas iv Di sd 5 karangbener berbantuan Media momilarga

FITRIA, UFFI LAILI (2020) Penerapan model pembelajaran numbered headtogetheruntuk meningkatkan berpikir kreatif Siswapada tema 6 cita-citaku siswa kelas iv Di sd 5 karangbener berbantuan Media momilarga. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
halaman sampul.pdf - Accepted Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Togetheruntuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada tema 6 Cita-citaku kelas IV di SD 5 Karangbener berbantuan media MOMILARGA. Berpikir Kreatif merupakan suatu kebiasaan dari pikiran yang dilatih dengan memperhatikan intuisi, menghidupkan imajinasi, mengungkapkan kemungkinan-kemungkinan baru, membuka sudut pandang yang menakjubkan, dan membangkitkan ide-ide yang tidak terduga. Numbered Head Together sendiri yaitu salah satu strategi pembelajaran kooperatif, model pembelajaran yang dapat memberi kesempatan siswa untuk saling berbagi gagasan dan pertimbangan jawaban yang tepat. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together media MOMILARGA dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas IV SD 5Karangbener pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan IPS, keterampilan guru dan aktivitas siswa. Peneltian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 5 Karangbener dengan subjek penelitian adalah 24 siswa, penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Numbered Head Together, media MOMILARGA. Variabel terikatnya adalah berpikir kreatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Head Togetherberbantuan media MOMILARGApada siklus I memperoleh presentase 80% dengan kriteria “Cukup Baik” dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89% dengan kriteria “Baik”. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase 83% dengan kategori “Baik” pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92% dengan kategori “Sangat Baik”. Kemampuan berpikir kreatif siswa muatan IPS pada siklus I memperoleh presentase 67% dengan kriteria “Kurang”, dan pada siklus II mengalami peningkata dengan persentase 92% kategori “Baik”. Sedangkan, muatan Bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh presentase 63% kategori “Kurang”, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92% “Baik”. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together berbantuan MOMILARGA dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan berpikir kreatif pada tema 6 muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SD 5 Karangbener.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Masturi, M.M Pembimbing 2 Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Berpikir kreatif, Numbered Head Together, MOMILARGA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 03:52
Last Modified: 05 Jan 2021 03:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13048

Actions (login required)

View Item View Item