Penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self control untuk mereduksi hiperealitas pengguna instagram pada siswa kelas x smkn 2 kudus

Fransisca, Metti (2020) Penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self control untuk mereduksi hiperealitas pengguna instagram pada siswa kelas x smkn 2 kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (704kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
SEMUA LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan aktivitas peneliti dalam menerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self control untuk mereduksi hiperrealitaspengguna instagram pada siswa SMKN 2 Kudus. (2) Mereduksi hiperrealitas pengguna instagram pada siswa SMKN 2 Kudus melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan tehnik self- control. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdapat 3 kali pertemuan dan setiap pertemuan dengan waktu 45 menit. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan 4 tahap di setiap siklusnya yaitu, perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi.Jadi dalam penelitian ini terdapat 6 kali pertemuan. Judul penelitian penerapan layanan bimbingan kelompok dengan tehnik self control untuk mereduksi hiperealitas pengguna instagram pada siswa SMKN 2 Kudus subjek penelitian ini terdiri dari 8 siswa kelas X SMKN 2 Kudus yang memiliki masalah hiperealitas saat penggunaan instagram. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen (X) adalah variabel bebas. Dalam penelitian ini variabel independen (bebas) yaitu bimbingan kelompok teknik Self control. Yang kedua variabel dependen (Y) adalah variabel terikat. Variabel dependen (terikat) dalam penelitian ini adalah Hiperealitas Pengguna Instagram.Hasil penelitian diketahui hiperealitas penggunaan instagram sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok diperoleh hasil skor 165 dengan kategori sangat buruk, selanjutnya siklus I pertemuan ketiga memperoleh skor sebesar 104 dengan kategori buruk, sehingga terjadi penurunan dari pra siklus. Pada siklus II pertemuan ketiga memperoleh hasil 82 dengan kategori baik sehingga terjadi. Simpulan dalam penelitian diketahui bahwa Aktivitas peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan tehnik self control pada siklus I meperoleh skor pertemuan pertama 60, pertemuan kedua 67, pertemuan ketiga 71. Pada siklus II pertemuan pertama 82, pertemuan kedua 92, pertemuan ketiga 94. Jadi hipotesis yang menyatakan “ Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Self Control Untuk Mereduksi Hiperealitas Siswa Pengguna Instagram Pada Siswa SMKN 2 Kudus”, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan yaitu dengan skor akhir 94. Saran yang peneliti sampaikan antara lain: 1. Siswa diharapkan dapat lebih baik lagi dalam mengatasi hiperealitas pengguna instagram sehingga siswa mempunyai dampak dan pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan prestasi hasil belajar. 2. Konselor diharapkan mampu untuk melakukan kolabolator dengan kurikulum dan guru mata pelajaran dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling pada siswa di SMKN 2 Kudus. 3. Kepala sekolah diharapkan dapat ikut berpartisipasi dalam mengembangkan kegiatan layanan bimbingan dan konseling pada siswa SMKN 2 Kudus. 4. Peneliti selanjutnya diharapkan mampu untuk tehnik konseling atau jenis layanan yang lebih variatif di kemudian hari dengan demi pengembangan ranah penelitian bimbingan konseling yang lebih baik di kemudian hari.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Drs. Maturi, MM. Nur Mahardika, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Self Control, Hiperealitas Pengguna
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:04
Last Modified: 05 Jan 2021 04:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13050

Actions (login required)

View Item View Item