Penerapan model think pair share berbantuan media video scribe untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema udara bersih bagi kesehatan pada kelas v sdn mojomulyo 01

CAHYANI, DWI NUR (2020) Penerapan model think pair share berbantuan media video scribe untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema udara bersih bagi kesehatan pada kelas v sdn mojomulyo 01. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (752kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu lemahnya proses pembelajaran. Oleh sebab itu penelitain ini bertujuan untk menerapkan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Think Pair Share (TPS) berbantuan media video scribe tema 2udara bersih bagi kesehatan pada muatan mata pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia kelas V SD N Mojomulyo 01. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar karena belajar merupakan suatu proses dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh suatu bentuk perubahan perilaku relatif menetap. Hasil belajar terbagi dalam ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada pembelajaran IPS dan Bahasa Indonesia menggunakan indikator pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi. Think Pair Share (TPS) adalah pembelajaran yang mengacu pada kelompok belajar siswa, model pembelajaran ini memberikan kesempatan pada siswa untuk berpikir berbagi gagasan, dan menyampaikan pendapat serta dapat meningkatkan kerjasama antar siswa. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan menggunakan rancangan model Kemmis dan Taggrat. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan II yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini yakni siswa kelas V SD N Mojomulyo 01 yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 10 siswa putri dan 6 siswa putra. Fokus penelitian ini adalah peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan data yakni hasil pengetahuan siswa siklus I muatan IPS 68% dan Bahasa Indonesia siswa tuntas 62% dengan kategori perlu bimbingan, aktivitas siswa yakni 58% dengan kategori baik, ketrampilan guru 62% dengan kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan yakni hasil belajar siswa muatan IPS 87% dan Bahasa Indonesia 81% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa memperoleh76% dengan kategori baik, keterampilan mengajar guru 80% dengan kategori sangat baik. Hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share(TPS) berbantuan media video scribe dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar; Media VideoScribe; Think Pair Share(TPS)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:10
Last Modified: 05 Jan 2021 04:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13051

Actions (login required)

View Item View Item