Peningkatan hasil belajar siswa melalui model ttw (think talk write) berbantuan media komik strip pada tema kayanya negeriku kelas iv sdn 2 panjunan

OCTAVIANI, SYIFA NUR (2020) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model ttw (think talk write) berbantuan media komik strip pada tema kayanya negeriku kelas iv sdn 2 panjunan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (892kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengontrol pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran muatan Bahasa Indonesia dan IPS melalui penerapan model pembelajaran TTW (Think Talk Write) berbantuan media Komik Strip pada tema 9 Kayanya Negriku pada kelas IV SD 02 Panjunan. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku dan kemampuan secara keseluruhan yang dimiliki oleh siswa setelah belajar, yang wujudnya berupa kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. TTW (Think Talk Write) merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memulai belajar dengan memahami terlebih dahulu, kemudian terlibat secara aktif dalam diskusi kelompok, dan menuliskan dengan bahasa sendiri. Media Komik Strip merupakan media visual atau serangkaian gambar yang ditarik berdekatan, biasanya disusun horizontal, yang dirancang untuk dibaca sebagai naratif atau urutan kronologis. Penelitian terfokus pada tema 9 Kayanya Negriku dengan Sub Tema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia serta Sub Tema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan akan dilaksanakan satu pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dikelas IV SD 02 Panjunan dengan subjek penelitian 29 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran TTW (Think Talk Write) dan Komik Strip, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar dan keterampilan mengajar guru. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai 76 dengan persentase 79,5% (baik) dan siklus IImengalami peningkatan dengan nilai 83 presentase 95% (sangat baik). Aktivitas belajar pada siklus I memperoleh persentase 83% (sangat baik) dan siklus II menjadi 87.5% (sangat baik). Hasil belajar siswa muatan IPS pada siklus I memperoleh persentase 68.96% (cukup) dan pada siklus II memperoleh persentase 86.2% (baik). Hasil belajar siswa muatan Bahasa Indonesia siklus I memperoleh persentase 75.86% (cukup) dan siklus II persentase sebesar 89,65% (baik). Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model TTW (Think Talk Write)berbantuan media komik strip dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa pada tema 9 muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SD 02 Panjunan Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 M.Noor Ahsin, M.Pd., Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Komik Strip, dan TTW (Think Talk Write).
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:20
Last Modified: 05 Jan 2021 04:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13053

Actions (login required)

View Item View Item