Meningkatkan motivasi berlajar melalui bimbingan kelompok teknik live model pada siswa kelas Xi tkj smk muhammadiyah kudus

Safitri, Devi Yulia (2020) Meningkatkan motivasi berlajar melalui bimbingan kelompok teknik live model pada siswa kelas Xi tkj smk muhammadiyah kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (31MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas XI TKJ SMK Muhammadiyah Kudus melalui layanan bimbingan kelompok teknik live model. 2. Meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas XI TKJ SMK Muhammadiyah Kudus setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik live model. Motivasi belajar pada siswa umumnya ditandai dengan miliki ketertarikan kepada apa yang disampaikan oleh guru pada saat pelajaran berlangsung. Siswa memiliki antuasias dalam menyimak materi pelajaran dari guru, giat mengerjakan tugas dari guru, memiliki keinginan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari hasil proses belajarnya selama ini, tidak mudah putus asa dalam belajar, tidak mengantungkan diri terhadap orang lain, serta mampu memecahkan masalah yang dialami dalam proses belajar. Layanan bimbingan kelompok teknik live model merupakan bentuk intervensi dari peneliti yang diberikan kepada siswa kelas XI TKJ SMK Muhammadiyah Kudus dalam empat tahapan, empat tahapan disesuaikan dengan tahapan yang terdapat pada layanan bimbingan kelompok. Penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Kudus yang beralamat di Jalan Kudus-Jepara KM.3, Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Penelitian ini berlangsung pada tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yaitu PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan dan 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak delapan siswa kelas XI TKJ. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian diketahui motivasi belajar pada siswa telah mengalami peningkatan. Pra siklus diketahui perolehan skor motivasi belajar sebesar 20,38 (41%) kategori (Kurang). Siklus I pertemuan pertama diketahui sebesar 22,52 (45%) kategori (Kurang), pertemuan kedua diketahui sebesar 24,44 (49%) kategori (Kurang), pertemuan ketiga diketahui 25,76 (52%) kategori (Cukup). Siklus II pertemuan pertama siswa memperoleh skor 27,83 (56%) kategori (Cukup), pertemuan kedua memperoleh skor 32,08 (64%) kategori (Cukup), pertemuan ketiga memperoleh skor 35,18 (70%) kategori (Baik). Kesimpulan: 1. Aktivitas peneliti dalam bimbingan kelompok teknik live model untuk meningkatkan motivasi belajar siswa telah mengalami peningkatan, dan telah mencapai indikator keberhasilan proses yang telah ditetapkan. Pada siklus I peneliti memperoleh skor 48% kategori (Kurang), pada siklus II peneliti memperoleh skor 72% kategori (Baik). 2. Motivasi belajar pada siswa kelas XI TKJ SMK Muhammadihah Kudus telah mengalami peningkatan. Pada pra siklus skor motivasi belajar pada siswa sebesar 20,38 (41%) kategori (Kurang). Siklus I siswa memperoleh skor 25,76 (52%) kategori (Cukup). Siklus II siswa memperoleh skor 35,18 (70%) kategori (Baik). Saran: 1. Siswa: Siswa kelas XI TKJ SMK Muhammadiyah Kudus hendaknya menjaga motivasi dalam belajar yang telah meningkat, seiring pemberian bimbingan kelompok teknik live model dari peneliti. 2. Guru Bimbingan dan Konseling: Guru bimbingan dan konseling hendaknya memperhatikan dinamika belajar dan kepribadian siswa, serta menerapkan bimbingan kelompok atau teknik live model dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang telah disusun di sekolah. 3. Kepala Sekolah: Kepala sekolah diharapkan memberikan dukungan kepada guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan tugas dan program bimbingan dan konseling. Serta menciptakan iklim sekolah yang kondusif bagi semua siswa dalam belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Drs. Sunardi, M.Pd. Agyng Slamet Kusmanto, M. Pd.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Live Model.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:29
Last Modified: 05 Jan 2021 04:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13054

Actions (login required)

View Item View Item