Peningkatan hasil belajar siswa pada muatan ppkn dan bahasa indonesia melalui model mind mapping berbantuan film animasi

Rahmawati, Ery (2020) Peningkatan hasil belajar siswa pada muatan ppkn dan bahasa indonesia melalui model mind mapping berbantuan film animasi. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada muatan PPKn dan Bahasa Indonesia melalui penerapan model mind mapping berbantuan film animasi tema Indahnya Kebersamaan kelas IV SDN 1 Sukoharjo. Guru perlu menguasai teknik-teknik penyajian dalam mengajar sehingga mampu mengkombinasi penggunaan beberapa teknik penyajian dalam cara mengajarnya untuk mencapai beberapa tujuan yang telah dirumuskan. Salah satu model inovatif yang dapat digunakan ialah model pembelajaran Mind Mapping.Penggunaan mind mapping membantu siswa dalam membuat dokumentasi materi pelajaran dengan kreatif, memudahkan mengingat dan menghubungkan sebuah ide dengan ide lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Validitas dan reabilitas digunakan peneliti untuk menguji kelayakan dari soal tes yang digunakan. Hasil yang didapatkan (1) keterampilan guru dalam pelaksanaan pembelajaran saat prasiklus mencapai rata-rata 42, kemudian naik pada siklus I menjadi 52, dan naik pada siklus II menjadi 76. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan guru meningkat pada pembelajaran model mind mapping berbantuan media film animasi (2) hasil belajar siswa muatan PPKn saat prasiklus mencapai rata-rata 54,25, meningkat di siklus I menjadi 66,25, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 81. Sedangkan untuk muatan Bahasa Indonesia saat prasiklus rata-ratanya 55,75, meningkat di siklus I menjadi 71, dan meningkat di siklus II menjadi 82. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat melalui pembelajaran model mind mapping berbantuan media film animasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Santoso, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Dr. Irfai Faturrohman, M.Pd.
Kata Kunci: Film Animasi, Hasil Belajar, Model Mind Mapping, Tema 1 Indahnya Negeriku.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:34
Last Modified: 05 Jan 2021 04:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13056

Actions (login required)

View Item View Item