Konseling gestalt dengan teknik kursi kosong untuk meningkatkan self esteem pada siswa smp negeri 2 undaan kudus

Afifah, An Nisa Nur (2020) Konseling gestalt dengan teknik kursi kosong untuk meningkatkan self esteem pada siswa smp negeri 2 undaan kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan self esteem siswa SMP Negeri 2 Undaan rendah. 2. Mengetahui efektivitas layanan konseling Gestalt dengan teknik kursi kosong (empty chair) dalam meningkatkan self esteem siswa SMP Negeri 2 Undaan. Ruang lingkup penelitian yang sesuai dengan judul penelitian adalah Konseling Gestalt dengan teknik Kursi kosong untuk meningkatkan self esteem siswa SMP. Self esteem merupakan pemberian penilaian diri sendiri mengenai kepercayaan akan kesuksesan, kemampuan, dan segala hal yang dimilikinya. Penerapan teknik kursi kosong diupayakan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan self esteem siswa. Konseling Gestalt merupakan konseling yang menekankan pada keadaan di sini dan sekarang, fokus utama dalam konseling Gestalt adalah pada bagaimana tingkah laku dan pada peran urusan yang tidak selesai dari masa lampau yang menghambat kemampuan individu untuk berfungsi secara maksimal. Penerapan konseling Gestalt digunakan teknik kursi kosong. Teknik kursi kosong adalah teknik permainan peran di mana semua perannya dimainkan oleh klien dengan memerankan sebagai top dog dan under dog. Diterapkannya teknik kursi kosong ini agar kosneli mampu menyingkirkan hambatan-hambatan yang menyebabkan self esteemnya rendah, selain itu teknik kursi kosong digunakan untuk menyelesaikan unfinished business yang dialaminya. Penerapan konseling Gestalt dengan teknik kursi kosong dilaksanakan melalui layanan konseling individu, dimana konseling individu merupakan upaya konselor memberikan bantuan kepada seorang individu untuk mendapatkan solusi-solusi yang akan pilih dan diterapkan sehingga dapat terentaskan masalah yang dialaminya. Jenis penelitian adalah studi kasus. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah 2 (dua) klin, kelas VII-E SMP N 2 Undaan Kudus yang memiliki self esteem yang rendah. Setelah mendapatkan subyek penelitian, peneliti mengumpulkan data subyek yang berkenaan dengan masalah self esteem yang rendah. Setelah pengumpulan data peneliti merencanakan kegiatan layanan konseling Gestalt dengan teknik kursi kosong untuk meningkatkan self esteem siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab self esteem yang rendah pada siswa adalah faktor lingkungan sekitar, faktor keadaan fisik individu, faktor penghargaan dan penerimaan diri dari orang-orang sekitar. Untuk membantu individu dalam meningkatkan self esteem diberikan sebuah layanan konseling Gestalt dengan teknik kursi kosong. dengan menggunakan konseling Gestalt dengan teknik kursi kosong dapat menghasilkan perubahan sikap dan peningkatan self esteeem pada klien, hal tersebut ditandai dengan perubahan baik pada hubungan sosial klien, menerima dengan baik kritikan dari orang lain, percaya diri ketika di depan umum, yakin pada kmampuan yang dimiliki, tidak terpaku pada dirinya sendiri, dapat dengan baik beradaptasi di lingkungan baru, serta mampu menjalin komunikasi dengan teman sebaya maupun orang lain. Saran: 1) Kepada siswa, diharapkan mampu mmahami keadaan yang ada pada dirinya dan memahami dampak yang ditimbulkan dari self esteem yang rendah. 2) Guru Bimbingan dan Konseling, Guru Bimbingan dan Konseling dapat menggunakan hasil penelitian sebagai panduan dalam memberikan layanan kepada siswa yang memiliki self estem yang rendah. 3) Guru Mata Pelajaran, Guru Mata Pelajaran dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk meendapatkan informasi baru terkait dengan pmbrian arahan kepasa siswa agar mampu meeningkatkan self esteem dengan baik. 4) Peneliti Selanjutnya, Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai rujukan dan sumbr referensi dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah khususnya dalam meningkatkan self esteem siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Drs. Susilo rahardjo, M.Pd. Kons. Drs. Masturi, M.M.
Kata Kunci: Konseling Gestalt, Teknik Kursi Kosong, Self Esteem.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:40
Last Modified: 05 Jan 2021 04:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13057

Actions (login required)

View Item View Item