Penerapan model cooperative script berbantuan media kartu soal untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema cita-citakumuatan ips dan bahasa indonesia Pada kelas iv sdn boloagung 02

Elfiani, Dina (2020) Penerapan model cooperative script berbantuan media kartu soal untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema cita-citakumuatan ips dan bahasa indonesia Pada kelas iv sdn boloagung 02. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model Cooperative Script berbantuan media kartu soal dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada muatan bahasa Indonesia dan IPS pada tema cita-citaku kelas IV SDN Boloagung 02. Hasil belajar merupakan kemampuan siswa yang terbentuk dari proses pembelajaran baik dari segi pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Cooperative Script berbantuan media kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Boloagung 02. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Boloagung 02 yang terdiri dari 28 siswa dan penelitian dilangsungkan selama dua siklus. Terdapat empat tahap yang dilakukan disetiap siklus, yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaa, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model Cooperative Script berbantuan media kartu soal, sedangkanvariabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan juga tes tertulis. Analisis yang digunakan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ditemukan terjadinya peningkatan pada leterampilan mengajar guru, mulanya pada siklus I rata-rata 69 dengan kategori baik dan pada siklus II rata-rata 77 dengan kategori baik. Sedangkan hasil belajar pada ranah pengetahuan muatan bahasa Indonesia mulanya pada siklus I memperoleh rata-rata 70 dengan ketuntasan 68% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 78 dan ketuntasan 86%. Rata-rata pada muatan IPS mulanya 73 dengan ketuntasan 71% dan meningkat pada siklus II menjadi 78 dengan ketuntasan 89%. Hasil belajar ranah keterampilan muatan bahasa Indonesia mulanya pada siklus I memperoleh rata-rata 61 dan pada siklus II mencapai 73, sedangkan pada muatan IPS rata-rata awal memperoleh 60 dan pada siklus II meningkat menjadi 71. Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan dan pencapaian indikator keberhasilan yang ditetapkan sehingga membuktikan bahwa penerapan model Cooperative Script berbantuan media katu soal berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Boloagung 02.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Irfai Fathurohman, M. Pd. Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, M. Pd.
Kata Kunci: Model Cooperative Script, media katu soal, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:40
Last Modified: 05 Jan 2021 04:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13058

Actions (login required)

View Item View Item