Penerapan model think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media konkret Dengan ipa dan bahasa indonesia materi ipa Dan bahasa indonesiadi sd 03 adiwarno

Abidin, Zaenal (2020) Penerapan model think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media konkret Dengan ipa dan bahasa indonesia materi ipa Dan bahasa indonesiadi sd 03 adiwarno. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (524kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Think Pairs Share (TPS) berbantuan media Konkret. Penelitian ini dilakukan dikelas IV SD 03 Adiwarno dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendidikan merupakan suatu proses yang berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan dalam lingkungan keluarga, sekolah serta masyarakat.Pendidikan sangat penting untuk kehidupan, karena pendidikan dapat meningkatkan kualitas yang ada pada diri masing-masing individu. Hasil belajar pada penelitian ini difokuskan pada aspek pengetahuan dan keterampilan sebagai hasil dari kegiatan belajar. Think Pairs Share adalah salah satu model pembelajaran kooperatif dan disini siswa diajarkan untuk saling bekerjasama. Hipotesis pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada kelas IV SD 03 Adiwarno Mejobo Kudus yang menggunakan model think pair share berbantuan media konkret telah mencapai KKM. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart dalam dua siklus. Tahapan ini ada 4 tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD 03 Adiwarno Mejobo Kabupaten Kudus dengan jumlah 25 siswa. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas yaitu model Think Pair Share (TPS), sedangkan yang menjadi variabel terikat yaitu hasil belajar siswa kelas IV SD 03 Adiwarno Mejobo Kabupaten Kudus. Teknik pengumpumpulan data dalam penelitrian ini menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar pada ranah pengetahuna, ranah keterampilan dan ranah sikap. Pada ranah pegetahuandiperoleh hasil pada siklus I sebesar 68% menjadi 80% pada siklus II. Pada ranah ketermpilan diporoleh hasil pada siklus I sebesar 20% menjadi 100%. Pada ranah sikap diporoleh hasil pada siklus I sebesar 72% menjadi 100%. Keterampilan guru dalam megelola kelas mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 71% mejadi 93% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapt disimpulkan bahwa penerapan model Think Prai Share (TPS) degan bantuan media konkret dapat meingkatakan hasil belajar siswa padfa materi IPA dan Bahasa Indonesia ranah pengetahuan dan keterampilan siswa kelas IV SDN 03 Adiwarno dan keterampilan megajar guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Khamdun, M.Pd Pembimbing 2 Fina Fakhriyah, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil belajar, Think Pair Share, Media Konkret.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:54
Last Modified: 05 Jan 2021 04:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13061

Actions (login required)

View Item View Item