Penerapan model problem based learning berbantuan media kipstar untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas iv tema 9 kayanya negeriku Di sdn purwokerto kayen Kabupaten pati

TRIYANTO, SLAMET BUDI (2020) Penerapan model problem based learning berbantuan media kipstar untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas iv tema 9 kayanya negeriku Di sdn purwokerto kayen Kabupaten pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan berpikir kreatif siswa dan keterampilan guru dalam proses pembelajaran melalui model Problem Based Learning berbantuan media kipstar pada tema 9 Kayanya Negeriku kelas IV SDN Purwokerto kayen kabupaten Pati. Berpikir kreatif merupakan suatu pemikiran menemukan jawaban, atau mengungkapkan berbagai gagasan dengan ide yang baru atau cara-cara baru yang lebih baik untuk memecahkan suatu permasalahan. Problem Based Learning Pembelajaran berbasis masalah sebagai pembelajaran yang diperoleh melalui proses menuju pemahaman akan resolusi suatu masalah. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan berpikir kreatif pada Tema 9 Kayanya Negeriku berbantuan media kipstar siswa kelas IV SDN Purwokerto kayen. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Purwokerto kayen dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah berpikir kreatif siswa. Sedangkan variabel bebasnya model pembelajaran Problem Based Learning dan media kipstar. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan berpikir kreatif siswa aspek Pengetahuan siklus I mencapai nilai rata-rata 74,34 dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 83,91. Berpikir kreatif siswa aspek Keterampilan pada siklus I mencapai nilai rata-rata 81,08, dan meningkat pada siklus II dengan nilai 86,03. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan dengan skor 69 dengan persentase 69% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kipstar Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku di Sdn Purwokerto Kayen Kabupaten Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN purwokerto kayen dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kipstar Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku di Sdn Purwokerto Kayen Kabupaten Pati. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan media kipstar guru lebih terampil dan inovatif dalam meningkatkan semangat antusias, dan partisipasi siswa dalam proses pemelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Erik Aditia Ismaya,S.Pd, M.A. Pembimbing 2 Eko Widianto, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: berpikir kreatif, model problem based learning, media kipstar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 05:02
Last Modified: 05 Jan 2021 05:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13062

Actions (login required)

View Item View Item