Penerapan model problem based learning berbantuan media double card untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iii sd

SILVA, MAULIDA (2020) Penerapan model problem based learning berbantuan media double card untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iii sd. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (848kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (32MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan yang dialami pada saat pembelajaran yaitu pembelajaran yang masih berpusat kepada guru mengakibatkan anak cenderung pasif, selain itu hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam pembelajaran melalui model problem based learning berbantuan media double carddan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model problem based learningberbantuan media double card pada tema 4 Kewajiban dan Hakku kelas III SD N Wonorejo 2 Demak. Jenis penelitian ini adalah PTK yang akan pada kelas IIISDN Wonorejo 2 Demak dengan siswa berjumlah 34 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama duasiklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah problem based learning dan media double card. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu hasil belajar dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui model PBL berbantuan media double card dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa kelas III SD. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan hasil belajar ranah pengetahuan meningkat dengan perolehan nilai prasiklus muatan bahasa Indonesia 68,35 (predikat D) meningkat menjadi 75,9 (predikat C) siklus I dan siklus II menjadi 80,3 (predikat B). Pada muatan matematika dari 67,79 (predikat D) pada prasiklus menjadi 75,6 (predikat B) pada siklus I dan siklus II menjadi 85,3(predikat B). (2) Peningkatan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 78,3 (predikat C) dan siklus II menjadi 83,9 (predikat B). (3) Keterampilan mengajar guru meningkat dengan perolehan hasil siklus I sebesar 77,77% (kriteria baik) meningkat menjadi 82,72% (kriteria sangat baik) pada siklus II.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Mila Roysa, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil belajar, Problem Based Learning, MediaDouble Card, Keterampilan Mengajar Guru.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 05:08
Last Modified: 05 Jan 2021 05:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13064

Actions (login required)

View Item View Item