Penerapan model student teams achievement division berbantuan media popudusuntuk meningkatkan hasil belajar tema 4 pada siswa kelas iv

LAYYINA, HILWA (2020) Penerapan model student teams achievement division berbantuan media popudusuntuk meningkatkan hasil belajar tema 4 pada siswa kelas iv. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (472kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan guru melalui model Student Teams Achievement Division berbantuan media Popudus Tema 4 pada siswa kelas IV. Model pembelajaran Student Teams Achievement Division adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa adanya perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya, dan mengandung unsur permainan dan reinforcement. Sedangkan POPUDUS adalah singkatan dari “POP UP Kudus”. Dalam permainan inimengaitkan pembelajaranya dengan materi berbagai pekerjaan dengan kearifan lokal atau budaya yang ada di Kudus. Sehingga siswa dalam pembelajaran ini tidak hanya mengetahui materi berbagi pekerjaan melainkan juga mengetahui apa itu kearifan lokal yang ada di Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu meliputi: Perencanaan, Tindakan, Observasi, Refleksi. Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD 2 Mlati Lor dengan subyek penelitian 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, ada empat yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan aspek sikap, keterampilan siswa dan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada kelas IV SD 2 Mlati Lor tema 4 Berbagai Pekerjaan. Peningkatan aspek sikap pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76 (Cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata79(Cukup). Hasil Keterampilan siswa juga mengalami peningkaan pada siklus I 77,125 (Baik) dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 77,775 (Baik).Tidak hanya keterampilan siswa, keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar memperoleh nilai rata-rata 70 (Baik) dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 79 (Baik). Hasil belajar siswa dari prasiklus pada muatan IPS sebesar 30% (Sedang), kemudian setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 60% (Tinggi), dan mingkat pada siklus II dengan persentase ketentuntasa klasikal 85% (Sangat Tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan di kelas V SD 2 Mlati Lor, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Teams Achievement Division berbantuan media “POPUDUS” dapat meningkatkan hasil belajar tema 4 pada siswa kelas IV SD 2 Mlati Lor.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A.
Kata Kunci: Student Teams Achievement Division , Hasil Belajar, Media POPUDUS, Tema 4.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 05:14
Last Modified: 05 Jan 2021 05:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13066

Actions (login required)

View Item View Item